Peringati HUT ke-76, PMI Bengkulu Diminta Tingkat Sinergi dan Berkolaborasi

KBRN, Bengkulu : Palang Merah Indonesia (PMI) pada Jumat, (17/9/2021) memperingati puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke 76.

Peringatan puncak hari jadi tersebut, dipusatkan bertempat di markas PMI Provinsi Bengkulu, dengan ditandai pemotongan tumpeng, dan dihadiri Sekda Provinsi Hamka Sabri, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) instansi vertikal, para pendonor serta tamu undangan lainnya.    

Dalam momen peringatan kali ini, dijadikan pengurus PMI Provinsi Bengkulu sebagai ajang evaluasi sekaligus merencanakan kegiatan kemanusiaan yang lebih bermanfaat lagi kepada masyarakat di Provinsi Bengkulu.

Adapun evaluasi yang dilakukan, selain mengupayakan memenuhi ketersediaan stok darah yang masih kekurangan 20 persen dari permintaan masyarakat.

Lalu, membantu pemerintah dalam penanganan dan penanggulangan pandemi wabah Covid 19, pelayanan kesehatan hingga aksi kebencanaan dengan disiapkan sebanyak 10 ribu relawan.

Sedangkan untuk rencana kedepannya, disamping akan membangun Unit Donor Darah (UDD), juga bertepatan dengan momentum kali ini melanjutkan program penanganan dan pencegahan Covid 19, dan melaunching pelaksanaan bulan dana.

Khusus launching bulan dana yang sejalan dengan tema peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 76, “Bergerak bersama untuk sesama,” akan berlangsung selama 3 bulan kedepan, dilaksanakan oleh Sekda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri dengan didampingi Ketua PMI Provinsi Bengkulu Asnawi A Lamat, dengan ditandai pemukulan dol.

Ketua PMI Provinsi Bengkulu, Asnawi A Lamat menyampaikan, dalam aksi penanganan dan pencegahan Covid 19, pihaknya mendapatkan alokasi vaksin sebanyak 25 ribu dosis dari 2 juta dosis se Indonesia.

Dari 25 ribu vaksin itu diakui, nantinya didistribusikan ke masing-masing Kabupaten dan Kota, untuk dmelaksanakan vaksinasi kepada masyarakat se Provinsi Bengkulu.

“Itu lah salah satu peran serta kita dalam upaya membantu pemerintah dalam penanganan sekaligus pencegahan pandemi wabah Covid 19 di tengah-tengah masyarakat. Semoga dengan di vaksin, kekebalan tubuh kelompok masyarakat dapat tercipta dan terhindar dari paparan Covid 19,” terangnya.

Selain itu Asnawi menyebutkan, untuk pelaksanaan bulan dana yang juga sejalan dengan mandat Internasional Palang Merah, bahwa masyarakat dunia termasuk Indonesia umumnya dan Bengkulu khususnya, agar berpartisipasi dalam kegiatan kemanusiaan. Terlebih diakui, PMI di Provinsi Bengkulu memang sudah lama tidak melaksanakan bulan dana tersebut.//

Untuk itu, guna membangkitkan sekaligus menumbuhkan semangat masyarakat agar ikut berpartisipasi dalam kegiatan kemanusiaan, maka pihaknya kembali melaksanakannya.

“Tujuan pelaksanaan bulan dana ini bukan pada seberapa besar yang didapatkan atau jumlah yang dikumpulkan nanti, tapi adalah keikut-sertaan masyarakat membantu kegiatan kemanusiaan. Seribu atapun dua ribu rupiah masyarakat menyumbang akan kita terima, karena dana yang terkumpul juga akan dikembalikan kepada masyarakat,” paparnya.

Sementara itu, Sekda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri atas nama Pemprov memberikan apresiasi atas kinerja PMI yang telah banyak membuat untuk membantu penyelenggaraan pemerintah, khususnya bidang kemanusiaan terhadap masyarakat Bengkulu.

Hanya saja diharapkan, melalui momentum ini juga agar tetap mengevaluasi sekaligus merencanakan aksi kedepannya, dengan selalu bersinergi dan berkolaborasi bersama pemerintah, terutama dalam penanganan Covid 19.

“Dengan evaluasi itu, terhadap rencana yang belum terealisasi dapat tercapai dan program yang direncanakan juga bisa terlaksana dengan baik,” kata Hamka.   

Untuk diketahui, dalam acara puncak hari jadi ke 76 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, dan disuport Bursa Efek Indonesia Bengkulu ini, PMI Provinsi Bengkulu juga mengadakan lelang terhadap 5 unit sepeda sumbangan pengurus PMI Pusat, dengan terkumpul uang sebesar Rp. 68 juta.

Termasuk juga, kegiatan donor sukarela dengan target bisa mendapatkan 100 kantong darah.

Kemudian, juga memberikan piagam penghargaan kepada pendonor darah yang sudah lebih dari 50 kali, menyerahkan penghargaan kepada kabupaten dan kota terbaik dalam melakukan pelayanan, pencegahan maupun kesiagaan wabah pandemi Covid 19, yakni, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu Tengah dan Kota Bengkulu.

Setelah itu, melakukan penanda tangan MoU dengan Baznas dan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Dinas PMD dan Tim Penggerak PKK.

Terakhir, pada Sabtu, (18/9/2021), besok akan menggelar bakti sosial pengobatan gratis yang akan dipusatkan di Kantor Camat Sungai Serut, dengan target sebanyak 150 orang masyarakat yang terlayani.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00