Antisipasi Banjir, Pemerintah Kota Bengkulu Rencanakan Pembangunan Lima Waduk

KBRN, Bengkulu: Pemerintah Kota Bengkulu pada tahun ini dan tahun-tahun berikutnya akan fokus dalam upaya antisipasi banjir di Kota Bengkulu.

Hal itu disampaikan Walikota Bengkulu, Helmi Hasan dalam Sosialisasi Kajian Banjir di Kota Bengkulu yang diselenggarakan di Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Bengkulu hari ini, Selasa (3/8/2021).

Menurutnya fokus program itu untuk menjawab keluhan masyarakat di Kota Bengkulu yang belakangan dikhawatirkan dengan bencana banjir, terutama saat musim penghujan tiba.

“Sebelumnya focus kita program jalan mulus, ratusan miliar sudah dianggarkan. Kemudian bantuan modal, melalui Samisake kita lakukan walaupun belum maksimal. Saat ini fokus kita untuk mengantisipasi banjir,” ujar Helmi Hasan.

Walikota Bengkulu juga telah meminta agar pihak Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Bengkulu untuk melakukan kajian terhadap lokasi yang menjadi titik banjir paling bermasalah di Kota Bengkulu sehingga bisa dilakukan antisipasi meminimalisir banjir pada masa yang akan datang.

“Dari hasil kajian ada lima titik banjir dengan kondisi perumahan padat penduduk yang akan menjadi sasaran program pembuatan waduk yang juga bisa dikelola masyarakat menjadi tempat wisata,” tambahnya menjelaskan langkah yang dilakukan Pemerintah Kota Bengkulu untuk antisipasi banjir pada masa yang akan datang.

Pembangunan waduk itu nantinya tidak hanya berfungsi untuk menampung debit air berlebih, namun juga sekaligus menjadi tempat wisata bernilai estetika yang kedepan juga bisa dimanfaatkan masyarakat untuk pengembangan perekonomian. (Lns)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00