Elektabilitas Paslon Agusrin-Imron Masih Teratas, Disusul Rohidin-Rosjonsyah dan Helmi-Muslihan

KBRN, Bengkulu : Fixpoll sebagai media polling Indonesia pada Senin, (23/11/2020), merilis survey potret prilaku masyarakat dan menakar peluang calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu yang maju dalam Pilkada serentak pada 9 Desember 2020.

Dari hasil survey cepat yang dilaksanakan dari tanggal 16 sampai 20 November 2020 lalu, melibatkan 1.640 responden dengan mengajukan 15 pertanyaan, dan menggunakan sistem multistage rendom sampling, serta margin erornya kurang lebih 2,5 persen, untuk tingkat elektabilitas pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu nomor urut 3, Agusrin M Najamudin-Imron Rosadi berada diurutan teratas.

Lalu, di susul Rohidin Mersyah Rosjonsyah selaku paslon nomor urut 2, dan Helmi Hasan-Muslihan DS sebagai paslon nomor urut 3.

“Paslon Agusrin-Imron 43,1 persen. Kemudian Rohidin-Rosjonsyah 31,2 persen dan Helmi- Muslihan 16,4 persen,” ungkap Direktur Eksekutif Fixpoll Muhamad Anas RA, dalam keterangan rilisnya.

Selain itu Anas menyebutkan, dari simulasi kertas pencoblosan yang dilakukan, untuk paslon nomor urut 1 mendapatkan 16,4 persen, paslon nomor urut 2 sebanyak 30,7 persen dan paslon nomor urut 3, sebanyak 42,9 persen. Sedangkan yang menolak simulasi pencoblosan 7,7 persen, dan simulasi salah 2,3 persen.

Sementara itu, untuk strong voter pemilih yakni, pasangan Helmi-Muslihan dengan pemilih yang yakin dengan pilihannya sekitar 11,2 persen, dan belum yakin 5,2 persen.

Kemudian pasangan Rohidin-Rosjonsyah dengan pemilih yang tidak akan berubah pilihannya sekitar 22,3 persen dan belum yakin 8,9 persen.

Selanjutnya, pasangan Agusrin-Imron dengan pemilih yakinnya sekitar 35,9 persen dan yang belum yakin 7,2 persen.

"Jika dibandingkan dari hasil survey yang kita lakukan pada Juli lalu, pasangan Rohidin-Rosjonsyah dan Agusrin-Imron mengalami kenaikan tingkat pemilih. Tapi pasangan Helmi-Muslihan mengalami penurunan," terangnya.

Lebih lanjut ditambahkan, mengacu pada hasil survey yang berpeluang besar terpilih jika pemilihan dilakukan hari ini, adalah paslon nomor urut 3.

“Sepertinya memang butuh kerja luar biasa dari dua paslon lainnya dalam meyakinkan pemilih untuk bisa meraup suara lebih besar lagi. Mengingat dengan paslon urut 3 yang lebih di kenal masyarakat Provinsi Bengkulu, sebagai mantan Gubernur di tambah pasangannya Imron, juga pernah menjabat Bupati 2 periode, menyebabkan  masih unggul dari paslon lainnya,” demikian Anas.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00