Besok, KPU Bengkulu Undi Nomor Urut Paslon Gubernur dan Wakil

KBRN, Bengkulu : Setelah menetapkan pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu yang Memenuhi Syarat (MS) untuk maju dalam Pilkada serentak pada 9 Desember 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu pada Kamis, (23/9/2020) besok akan melakukan pengundian nomor urut paslon, bertempat di salah satu hotel berbintang di Kota Bengkulu.

Untuk paslon yang mengikuti pengundian nomor urut, dari 3 pasangan kandidat yang mendaftarkan diri, sampai saat ini baru mengikutkan 2 pasangan calon, yakni paslon Helmi Hasan-Muslihan DS dan Rohidin Mersyah-Rosjonsyah.

Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra menyatakan, jika sebelumnya untuk penetapan kandidat pasangan balon menjadi paslon diselengggarakan di kantor KPU, namun pengundian nomor urut, dilaksanakan di luar kantor, karena tempat yang tersedia tidak memungkinkan.

Mengingat di tengah pandemi Covid 19, pihak penyelenggara harus mengedepankan protokol kesehatan.

“Untuk tempat pelaksanaannya dilakukan di salah satu hotel di Kota Bengkulu. Apalagi dalam pengundian nomor urut itu dilakukan dalam rapat pleno terbuka dan mengundang berbagai pihak, didamping paslon, parpol pengusung, LO-nya serta instansi terkait lainnya, termasuk tokoh  masyarakat,” ujar Irwan pada Rabu, (23/9/2020).

Selain itu mengenai teknis pengundian nomor urut paslon, meski Irwan tidak menjelaskan secara rinci, namun tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan sebelum-sebelumnya, yakni menggunakan bola yang ada nomor tertentu di putar dalam media yang disediakan.

“Dengan cara demikian kita pastikan dalam pengundian nomor urut paslon, tidak ada pesanannya. Lihat saja besok,” jelasnya.

Sementara secara terpisah, LO dua paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu, tepatnya Heru dari paslon Helmi-Muslihan, dan Haryanto dari paslon Rohidin Mersyah-Rosjonsyah, sama-sama mengaku pihaknya sudah menerima berkas MS dari KPU Provinsi Bengkulu, dan juga telah mendapatkan surat undangan untuk pengundian nomor urut paslon, sehingga dipastikan hadir.

“Alhamdulillah paslon kami lolos, dan bersama paslon akan hadir untuk mengambil nomor undian,” pungkas Heru dan Heryanto singkat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00