Hari Konstitusi, Senator Riri Ingatkan Pentingnya Penguatan DPD

Hj. Riri Damayanti

KBRN, Bengkulu : Sebagai momentum refleksi memperkuat kehadiran negara dalam pelaksanaan sistem ketatanegaraan, Hari Konstitusi Republik Indonesia merupakan salah satu peringatan penting. Peringatan ini harus memastikan bahwa cita-cita untuk mewujudkan Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur masih berjalan.

Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief mengatakan, wacana amandemen UUD 1945 untuk menghidupkan pokok-pokok haluan negara (PPHN) tetap relevan selama menyangkut penguatan lembaga Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

"Amandemen bukan hanya dibutuhkan, tapi diperlukan, selama didalamnya menyangkut penguatan lembaga DPD. Keadilan harus tegak terhadap seluruh daerah di tanah air, jangan ada daerah yang dipandang sebelah mata," kata Riri di tengah peringatan Hari Konstitusi Republik Indonesia, Kamis (18/8/2022).

Salah satu bentuk penguatan tersebut, lanjut Alumni Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini, DPD agar dapat ikut serta membahas undang-undang, bukan hanya sekedar memberikan usulan kepada Dewan Perwakilan Rakyat.

"DPD mendapatkan begitu banyak masukan tentang bagaimana seharusnya pusat memperlakukan daerah dengan bijak. Semua aspirasi ini butuh direspon dengan cepat sebagaimana zaman bergerak dengan cepat," ujar Senator Riri.

Senator Bengkulu menuturkan, aspirasi daerah tidak boleh dianggap enteng bila dibandingkan dengan aspirasi yang ditampung oleh partai-partai politik di Parlemen.

"Presiden sendiri bahkan sudah mengakui betapa aspiratifnya DPD dalam mendengar keluhan masyarakat. DPD bebas dari konfigurasi politik dan pragmatisme kelompok. Alasan ini saja sebenarnya cukup untuk memperkuat lembaga ini," sampai Riri.

Hari Konstitusi Republik Indonesia tidak termasuk dalam tanggal hari libur nasional. Hari Konstitusi Republik Indonesia diperingati sehari setelah perayaan HUT RI atau setiap tanggal 18 Agustus.

Hari Konstitusi Republik Indonesia diperingati sesuai usulan MPR RI untuk mengenalkan konstitusi NKRI, terutama setelah amandemen. Konstitusi Republik Indonesia yang hingga kini menjadi pedoman adalah Undang-Undang Dasar 1945.

Hari Konstitusi Negara Republik Indonesia mempunyai makna yang sangat penting karena menjadi momen dimulainya sidang PPKI yang mengatur dasar berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengangkat presiden dan wakil presiden, serta membentuk komite nasional.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar