Pelantikan 64 Kades di Mukomuko Dijadwalkan 2 Juni

Pilkades Serentak di Desa Arga Jaya Mukomuko

KBRN, Bengkulu : Pemerintah Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu menjadwalkan pelantikan 64 calon kepala desa yang terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak pada tanggal 2 Juni 2022.

"Jika tidak ada perubahan jadwal pelantikannya tanggal 2 Juni 2022," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Mukomuko, Haryanto, Minggu (22/5/2022).

Haryanto mengatakan 148 desa di Kabupaten Mukomuko telah menyelesaikan pemungutan hingga penghitungan suara pada 17 Mei 2022 lalu dengan aman dan kondusif.

Ia mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah menyiapkan surat keputusan pengangkatan 64 calon kepala desa yang terpilih untuk kemudian diajukan kepada Bupati Mukomuko.

"Bupati akan melantik pada kades terpilih dan selanjutnya Kades dapat langsung bekerja hingga tahun 2027 mendatang," ujarnya.

Sementara itu ditambahkan Kepala Dinas PMD Provinsi Bengkulu, RA Denny mengatakan pelaksanaan Pilkades Serentak di Kabupaten Mukomuko yang aman dan damai layak dijadikan percontohan bagi dua kabupaten lain.

Selanjutnya, para calon Kades juga telah diberikan waktu masa sanggah selama 3 hari sejak pemungutan suara untuk melakukan sanggahan apabila terdapat potensi sengketa. 

Namun hingga saat ini pihaknya mengaku belum mendapat laporan adanya sengketa dalam Pilkades tersebut. 

"Mukomuko bisa menjadi kabupaten percontohan pelaksanaan Pilkades yang tertib, aman, lancar. Apabila terdapat sengketa, kami siap memediasi," kata Denny.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar