Perantau Bengkulu Siapkan Diri Tampil di Pagelaran Seni Budaya di Jakarta

KBRN, Bengkulu : Sejak Senin (15/8/2022), Tokoh Provinsi Bengkulu Zulhanani menggalang pemuda-pemudi perantau dari Bengkulu di Jakarta mempelajari tari adat budaya leluhur. Sekira puluhan orang antusias mengikuti latihan Tari Andun, Tari Napa dan Tari Persembahan dari Kabupaten Bengkulu Selatan.

Zul mengatakan latihan ini sebagai persiapan mememeriahkan HUT RI ke-77 yang mana nantinya akan dipentaskan pada tanggal 28 Agustus 2022 pada Car Freeday di Area Bundaran Hotel Indonesia Jakarta.

"Para pemuda-pemudi Bengkulu ini rata-rata sedang menjalani kuliah di berbagai Universitas se-Jabodetabek. Pertunjukan seni tari dan budaya asli Bengkulu nantinya akan kami tampilkan pada momen Car Freeday pekan depan," kata dia, Selasa (16/8/2022).

Zul menerangkan kegiatan ini dibawahi organisasi Badan Musyawarah Masyarakat Provinsi Bengkulu (BMMPB) dan Himpunan Keluarga Manna (HIKMA) di Jakarta dan sekitarnya. Acara pengenalan budaya ini nantinya juga akan dirangkai dengan acara

“Kirab Bendera Merah Putih” sambil menyanyikan lagi “Mars Fatmawati Sukarno” yang juga berkolaborasi dengan Yayasan Fatmawati Sukorno di Jakarta.

Pagelaran budara Tari Andun ini akan dibuat secara kolosal dengan menurunkan para penari-penari yang merupakan perwakilan dari 9 kabupaten dan kota dan diperkirakan akan menurunkan lebih dari 250 pasang penari. 

"Pagelaran budaya ini akan diusulkan menjadi program Pemprov Bengkulu yang akan berkolaborasi dengan mitra organisasi di jakarta dan akan dipagelarkan setiap 4 bulanan dari berbagai Budaya Bengkulu dari 9 Kabupaten dan Kota," kata dia.

Ia berharap acara ini dapat menginspirasi banyak pihak untuk memperkenalkan Budaya Bengkulu baik di kancah nasional maupun internasional hingga dapat mendorong keinginan para turis berwisata ke Bengkulu. 

"Nantinya gelar budaya dihadiri Gubenur Bengkulu Rohidin Mersyah juga para bupati dari 9 kabupaten dan kota se-Provinsi Bengkulu. Serta akan dibuka oleh Gubenur DKI Anies Baswedan juga akan turut hadir Menteri Pariwisata Sandiaga Uno," demikian Zul.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar