Tingkatkan Nasionalisme Melalui Pawai Batik Besurek

KBRN, Bengkulu : Seribuan aparatur sipil negara dan berbagai duta diikuti masyarakat di Provinsi Bengkulu menggelorakan nasionalisme melalui Pawai Budaya Batik Besurek, di Pantai Panjang Kota Bengkulu, Sabtu (13/8/2022).

Pawai ini diinisiasi Ketua Pengurus Daerah Srikandi Tenaga Pembangunan (TP) Sriwijaya, Apt  Destita Khairilisani S Fan, MSM didukung Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Destita dalam keterangannya mengungkapkan pawai ini dalam rangka menambut peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 77.

Pawai Batik Besurek dengan berjalan kaki bersama semua elemen masyarakat dengan rute star di Depan Gedung Restoratif Justice menuju bundaran Pasir Putih dan finis kembali ke Gedung Restoratif Justice.

Adapun tujuan kegiatan ini, lanjut lulusan terbaik Apoteker Universitas Indonesia, sebagai langkah Srikandi TP Sriwijaya untuk mempromosikan Kain Besurek Bengkulu kepada masyarakat luar.

Pawai ini adalah panggung besar untuk pengrajin batik besurek di Bengkulu. Semakin sering dibuatkan panggung seperti ini, harapannya pengrajin semakin handal dan mampu berkompetisi di pasar nasional maupun internasional.

"Sehingga Batik Besurek lebih familiar dikenal masyarakat luas,” ungkap Destita.

Lebih lanjut, Ia mengajak seluruh masyarakat untuk cinta dan bangga terhadap produk lokal batik kain besurek. Sebab dengan cinta kultur budaya sama artinya mencintai negeri ini.

“Ini untuk menumbuhkan rasa kecintaan terhadap produk batik besurek. Dengan bangga dengan produk daerah, sama artinya kita menumbuhkan jiwa nasionalisme,” ucapnya.

Di sisi lain, Gubernur Rohidin mendukung penuh kegiatan ini. Menurutnya, dengan banyak mengangkat potensi lokal akan mengenalkan provinsi ini keluar daerah.

Gubernur juga mendorong industri ekonomi kreatif daerah go internasional. Dengan adanya konstetasi Pawai Batik Besurek yang memiliki ekonomis dan kearifan lokal dapat meningkatkan perekonomian pelaku UMKM

"Tentunya dengan melibatkan generasi muda terhadap kelestarian daerah akan membawa dampak bagi perekonomian berkelanjutan daerah," kata Rohidin.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar