Pemandu Wisata Ujung Tombak Promosi Wisata

KBRN, Bengkulu: Salah satu ujung tombak promosi wisata di daerah berada ditangan para pemandu wisata. Menurut pegiat wisata Bengkulu Sofian, pemandu wisata merupakan faktor penting dalam upaya memajukan sektor wisata karena menjadi bagian non fisik pelayanan kepada wisatawan.

Di Bengkulu cukup banyak pemandu yang berkompeten dan tergabung dalam asosiasi pramuwisata bekerja memperkenalkan wisata Bengkulu ke banyak pihak serta memberikan edukasi tentang narasi wisata yang benar kepada masyarakat khususnya wisata yang berhubungan dengan sejarah bangsa.

Namun dari sekian banyak pramuwisata yang tergabung dalam organisasi resmi, lebih banyak lagi pemandu wisata bebas atau tidak terikat pada organisasi manapun. Mereka menjual jasa mendapingi wisatawan selama di Bengkulu dengan cara online ataupun informasi dari mulut ke mulut.

"wisatawan ini istilahnya marketing dan service, ia menjual produk ia yg melayani" ujarnya.

Menurut Sofian adanya pemandu wisata terlepas pemandu lepas ataupun yang tergabung organisasi harus turut didukung pemerintah karena secara tidak langsung telah menjadi promotor  atau marketing wisata. Apalagi selama ini sektor promosi wisata kerap terlupakan atau bahkan diabaikan oleh banyak pihak, padahal promosi adalah bagian utama agar wisata Bengkulu bisa dikenali masyarakat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar