Dewi Coryati : Perkuat Seni Pertunjukan Untuk Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Bengkulu

Dewi Coryati

KBRN, Bengkulu : Seni pertunjukan diyakini memiliki dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat pada suatu daerah.

Terlebih seni tari bisa menjadi daya tarik tersendiri ketika wisatawan datang berkunjung, khususnya di Provinsi Bengkulu.

Pernyataan itu diungkapkan Anggota Komisi X DPR RI, Hj. Dewi Coryati, M.Si disela-sela Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi pelaku ekonomi kreatif (Ekraf) subsektor seni pertunjukan di Bengkulu, bekerjasama dengan Direktorat Pengembangan Sumberdaya Manusia (SDM) Ekonomi Kreatif Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) RI.

"Dalam Bimtek kali ini kita lebih menitikberatkan pada seni pertunjukan, seperti seni tari. Tentunya seni tari yang dipertunjukkan itu jangan biasa-biasa saja, melainkan harus dikemas semenarik mungkin sehingga pada saat wisatawan datang berkunjung, tidak jera untuk berkunjung kembali," kata Dewi pada Minggu, (3/7/2022).

Menurut Anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Provinsi Bengkulu ini, standarnya seni pertunjukan bulan ini tidak harus sama dengan bulan selanjutnya.

Oleh karena itu melalui Bimtek ini ditargetkan SDM para pelaku ekraf bidang seni bisa meningkat. Tujuannya jelas, agar mereka kedepan bisa mengemas seni yang bakal dipertunjukkan.

"Untuk Bimtek kali ini ada sekitar 70 penggiat seni tari yang kita hadirkan," ujar politisi perempuan PAN ini.

Selain itu perempuan yang memasuki periode ke tiga sebagai Anggota DPR RI ini menjelaskan, antara pariwisata dan ekraf sepeti seni pertunjukkan ini seperti dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Untuk itu seni pertunjukan ini harus diperkuat agar mendukung sektor pariwisata.

Contohnya kalau wisatawan datang dari luar negeri, pasti mereka ingin melihat seni budaya suatu daerah.

"Melalui Bimtek ini juga kedepan kita menargetkan agar seni pertunjukan pada suatu daerah bisa menjadi sandaran dalam mendongkrak kunjungan wisatawan. Terpenting bagaimana ini bisa ditumbuhkan, tentunya secara profesional. Maka dari itu kedepan pemerintah daerah juga harus memberikan ruang bagi pelaku ekraf seperti seni pertunjukan ini," tukas Dewi. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar