Pantai Padang Betuah dan Sungai Suci Jadi Tujuan Wisata Akhir Pekan

Pantai Padang Betuah
Pantai Sungai Suci

KBRN, Bengkulu : Berwisata alam di akhir pekan pertama bulan Juli bisa membuatmu melepas penat. Selain bisa berjalan-jalan bersama keluarga, kamu dapat menikmati wisata alam yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah bersama pasangan. 

Wisata pantai Padang Betuah dan Sungai Suci berikut ini menjadi referensi tujuan saat kamu bosan menikmati hiruk pikuk kota. Selain jaraknya yang terjangkau dengan akses memadai, dua objek wisata ini juga murah meriah dan nyaman dikunjungi.

Danau Gedang

Danau Gedang menjadi wisata andalah Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu karena dua wisata alamnya yakni danau Gedang pada sisi kiri dan pantai Padang Betuah di seberangnya.

Danau Gedang ini berada di Desa Padang Betuah Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah. Akses untuk menuju ke lokasi ini juga tidak terlalu sulit. Kawasan wisata ini berjarak kurang lebih sekitar 25 kilometer dari pusat Kota Bengkulu.

Keindahan panorama Pantai Padang Betuah memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai objek wisata karena pemandangan alam yang tersaji mirip dengan Tanah Lot Bali. Betapa tidak, pantainya yang landai diwarnai birunya air laut serta ombak yang sedang juga gugusan tebing curam membuatnya tampak eksotis.

Panorama pantai berseberangan dengan danau, putih pasir dan buih, lalu dipadu biru laut, adalah hal yang jadi unggulan tempat rekreasi ini. Ada Danau Gedang disampingnya. Lapangan rumput yang luas jadi pelengkap memanjakan mata. 

Lebih lagi ketika kita datang pagi hari, diorama pegunungan Bukit Barisan akan nampak memanggil dari kejauhan. Dan sorenya, hamparan senja jadi pemisah suasana danau dan pantai itu sendiri.

Selain keindahan ada tradisi unik yang dilakukan di danau ini. Tradisi tersebut sering disebut dengan Tradisi Danau Terbelah atau Danau Patah dan tradisi tersebut akan dilakukan oleh para penduduk asli dengan menggunakan alat-alat tradisional. 

Tradisi tersebut biasanya dilakukan ketika air danau sedang tinggi. Para warga akan membuat tumpukan yang terbuat dari pasir sebagai pembatas antara air danau dengan air laut. Pembatas tersebut sengaja dibuat dengan ukuran kurang lebih sekitar setengah meter hingga mencapai satu meter.

Sungai Suci

Meski sebutannya Sungai Suci namun ini adalah sebuah pantai. Sebuah pantai yang menyimpan surga kecil di Bengkulu Tengah. Pantai ini menawarkan sejuta pesona yang menyimpan sejuta keindahan alam.

Bahkan tak jauh dari pesona Pantai Lot Bali. Sebab terdapat pulau karang kecil yang terbelah oleh ombak, terhubung dengan jembatan kecil untuk penyeberangan.

Pantai ini terletak tidak jauh dari poros Kota Bengkulu. Jaraknya hanya 15 kilometer dari ibu kota provinsi dan 25 kilometer dari Bandar Udara Fatmawati. Lebih pastinya di Desa Pasar Pedati, Kecamatan Pondok Kelapa. 

Tersedia banyak papan petunjuk menuju pantai ini di sepanjang jalan menuju Sungai Suci. Begitu sampai lokasi kita disambut dengan gapura besar bertuliskan nama objek wisata ini. Tiket masuknya pun murah hanya sekitar Rp 3000,- untuk setiap pengunjung.

Di Pantai ini wisatawan akan disuguhi hamparan luas pantai, sepanjang mata memandang hanya hamparan laut samudera yang luas. Pantai ini dihiasi pasir putih dan batu-batu karang yang semakin menambah eksotika pantai. Bagi yang mempunyai hobi berburu batu mulia, di sini tempat yang sesuai. Banyak sekali jenis batu akik bisa didapatkan dari sini. Satu lagi ada pulau karang kecil di tepi pantai yang menambah nuansa keindahan.

Apalagi saat dinikmati sore hari. Kala mentari tenggelam meninggalkan jejak senja yang futuristik membangkitkan semangat Senin pagi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar