Pembangunan Wisata Sejarah Kota Tuo Tahap II Dilanjutkan

Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi

KBRN, Bengkulu : Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu tahun 2022 ini berencana melanjutkan tahapan pembangunan Kota Tuo di Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu. 

Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi mengatakan pembangunan Kota Tuo tahap II ini dialokasikan dengan anggaran senilai Rp35 miliar dengan waktu pengerjaan selama 6 sampai 10 bulan.

"Setelah adanya dukungan masyarakat sekitar dan semua pihak, kami akan melanjutkan pembangunan tahap II Kota Tuo dan rencananya akan mulai dibangun tahun ini," kata Dedy, Kamis (26/5/2022).

Adapun pengembangan tahap II ini, lanjut Dedy akan membangun sheetpile sepanjang aliran sungai Bengkulu, merevitalisasi Masjid Tua Al Mujahiddin, serta merevitalisasi rumah panggung yang memiliki corak khas Bengkulu. 

Dedy berharap Kota Tuo ini nantinya menjadi representatif Kota Bengkulu pada masa lalu sebelum masa kemerdekaan.

"Jadi bagi masyarakat ataupun wisatawan yang berkunjung ke Bengkulu, jika mau lihat Bengkulu zaman dahulu bisa mengunjungi Kota Tuo ini," tutupnya.

Pemerintah Kota Bengkulu tahun 2021 lalu telah meresmikan objek wisata Kota Tuo tahap I yang sebagai pembuka revitalisasi kawasan kumuh ini. Nantinya revitalisasi kawasan ini melalui III tahap yang pembangunannya berkelanjutan.  

Selain mengubahnya menjadi kawasan bebas kumuh, upaya ini juga sebagai bentuk perlindungan historis lantaran keberadaan kawasan tersebut pernah menjadi tempat perlawanan masyarakat Bengkulu terhadap tentara Inggris pada 5 November 1945.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar