Museum Bengkulu Andalkan Hibah untuk Penambahan Koleksi

Museum Bengkulu

KBRN, Bengkulu : Kepala Museum Bengkulu, Didi Hartanto menyebutkan tidak ada alokasi anggaran untuk penambahan koleksi Museum Bengkulu.

Kendati demikian, Didi menyebut ada saja masyarakat yang menghibahkan benda bersejarah ke museum ini.

"Pada tahun 2021 lalu ada dua penambahan benda yang memiliki nilai historis yakni rodos dan keris dari keluarga Muhammad Mukhti yang diserahkan oleh kerabatnya Syaiful Anwar," kata Didi, Selasa (24/5/2022).

Didi mengatakan pihaknya tak dibekali anggaran untuk menambah koleksi museum kendati di wilayah ini sendiri ada banyak catatan benda yang memiliki kandungan historis.

"Kami tidak dianggarkan untuk menambah koleksi. Sejauh ini hanya pelaksanaan hibah yang diberikan masyarakat secara sukarela, dan tanda terimakasihnya juga sukarela kami serahkan," sampainya.

Namun demikian, lanjut Didi, pengelola Museum akan terbuka dan mencari literasi keberadaan benda historis sebagai bentuk pengumpulan benda bersejarah dan budaya di Provinsi Bengkulu. 

Didi sendiri mengungkap sejauh ini terdapat kurang lebih 6.153 koleksi yang terdiri dari delapan jenis koleksi dengan rincian; Biologi 46, Etnografika 2.988, Arkeologika 90, Historika 42, Numismatika/Heraldika 911,  Keramologika 1901, Filologika 138, Teknologika 15 koleksi yang telah dikumpulkan sejak tahun 1978.

"Koleksi Museum Bengkulu meliputi benda sejarah budaya dari sembilan sub etnis penduduk asli Bengkulu dan benda sejarah budaya lain yang berhubungan dengan perkembangan Bengkulu sebagai satu komunitas budaya serta beberapa  koleksi adalah replika dan miniatur," sampainya.

Sementara itu, jadwal kunjungan museum Bengkulu, kata Didi telah kembali normal pasca adanya pandemi COVID-19 yakni dibuka untuk umum setiap Senin hingga Jumat dari pukul 09.00 hingga 12.00 WIB.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar