Bunga Rafflesia Arnoldi Ukuran Raksasa Mekar Sempurna di Taman Konservasi Kepahiang

Bunga Rafflesia Arnoldi mekar sempurna/dok Holidin

KBRN, Kepahiang : Bunga endemik milik Provinsi Bengkulu, Rafflesia Arnoldi berdiameter 85 centi meter kembali mekar di Taman Konservasi Desa Tebat Monok Kecamatan Kepahiang Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, Sabtu (21/5/2022). 

Pengurus Taman Konservasi, Holidin mengatakan bunga Rafflesia ini mekar sejak 2 hari yang lalu dan hari ini memasuki mekar sempurna. 

“Iya mekarnya 2 hari yang lalu dan hari ini, kami pantau sudah mekar sempurna. Sejak kemarin sudah banyak pengunjung yang datang,” kata Holidin saat dikonfirmasi.

Sejak pertama kali mekar, disebut sudah ada beberpa pengunjung dan sejumlah penggiat alam yang datang untuk mengabadikan momen bersama dengan Bunga Rafflesia ini.

Holidin mengatakan meskipun boleh dikunjungi bunga Rafflesia yang tumbuh di pinggir jurang ini tidak boleh disentuh karena dikhawatirkan akan rusak. 

“Silahkan masyarakat melihat atau mengabadikan momen, namun jangan sampai disentuh. Jadi demi menjaga kelestariannya, kami pasang peringatan tak memperbolehkan pengunjung untuk menyentuh,” ungkapnya.

Selain Bunga Rafflesia ini, Holidin membeberkan ada beberapa bibit serupa yang diperkirakan akan tumbuh 1 pekan ke depan.

Tak hanya itu, Holidin menyebut momen mekarnya bunga ini masih dapat dinikmati hingga beberapa hari kedepan sebelum mencapai fase layu. 

“Ada bibit yang lainnya juga dan tampaknya pekan depan akan mekar juga,” demikian Holidin.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar