Tujuh Event Wisata Bengkulu Digelar Tahun Ini

Kalender Event Pariwisata Bengkulu

KBRN, Bengkulu : Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu melalui Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu akan kembali menggelar 7 event pariwisata pada tahun 2022 ini.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Saidirman mengungkapkan tujuan pelaksanaan event pariwisata ini untuk meningkatkan dan memperbaiki kondisi ekonomi dan memperbaiki jumlah kunjungan wisatawan di Bengkulu.

Dalam pelaksanaannya pihaknya sudah menyusun 7 event kedalam kalender event pariwisata Bengkulu.

Dari 7 event yang akan diselenggarakan, diketahui 2 event merupakan event nasional yang masuk dalam Kharisma Event Nasional (KEN) tahun 2022 yang diluncurkan Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif (Kemenparekraf) beberapa waktu lalu.

"Bencoolen Dhol Antraction dan Festival Tabut jadi bagian penyelenggaraan even nasional," kata Saidirman, Kamis (19/5/2022).

Sementara 5 event lagi, lanjutnya merupakan event lokal yang dilaksanakan di kabupaten/kota dengan menghadirkan event berkonsep kearifan lokal.

"Ketuju event tersebar di kabupaten/kota dan akan diselenggarakan dalam kurun waktu bulan Juni hingga November mendatang,” kata Saidirman.

Adapun jadwal ketujuh event Pariwisata Bengkulu yang akan digelar yaitu, Festival Danau Nibung di Kabupaten Mukomuko yang dijadwalkan dilaksanakan pada 17-18 Juni, Festival Gurita di Kabupaten Kaur pada 21-22 Juni, Festival Bencoolen Dhol Antraction di Kota Bengkulu pada 8 Juli, Festival Tabut di Kota Bengkulu pada 28 Juli – 9 Agustus.

Lalu Festival Bhimi Belirang di Kabupaten Rejang Lebong pada 6 – 13 Agustus, Penembang Fest di Kabupaten Bengkulu Tengah pada 3-4 September dan Gelumpang Fest di Kabupaten Bengkulu Utara yang dijadwalkan dilaksanakan pada 25-28 November mendatang.

"Ini diharap dapat kembali mengundang wisatawan dan membangkitkan ekonomi masyarakat melalui sektor pariwisata Bengkulu," demikian Saidirman.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar