HUT ke-77 RI, Ribuan Napi Diusulkan Remisi

BENGKULU, KBRN: Seperti di tahun-tahun sebelumnya, dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan tahun 2022 yang ke 77 tahun Republik Indonesia,  Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Bengkulu kembali mengusulkan warga binaan menjadi penerima remisi atau pengurangan masa hukuman. 

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Bengkulu Rudi Sianturi kepada RRI mengatakan pihaknya telah mengusulkan sekitar 1442 orang warga binaan untuk mendapat remisi umum tahun ini. 

Warga binaan yang diusulkan itu terdiri dari napi kasus pidana umum (1247), kasus pidana khusus seperti korupsi dan narkoba (234), serta remisi narapidana anak-anak. Mereka tersebar di tujuh unit pelaksana teknis (UPT) yang ada di bawah naungan Kemenkumham Bengkulu. 

Rudi Sianturi mengatakan untuk warga binaan perkara pidana umum remisi terdiri dari dua kategori, yakni remisi umum satu sebanyak 1.163 orang dan remisi umum dua sebanyak 21 orang. 

"Untuk remisi sesuai dengan ketentuan PP 99 Tahun 2012, masing-masing adalah 225 orang perkara narkotika dan 9 orang perkara korupsi," jelasnya. "Sisanya anak-anak sebanyak 60 remisi satu dan hanya satu anak remisi dua," kata Rudi Sianturi. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar