Saber Pungli Bengkulu Awasi PPDB 2022

Sekretaris Satgas Saber Pungli Provinsi Bengkulu Henny Kauri

KBRN, Bengkulu : Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Provinsi Bengkulu turut melakukan pengawasan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2022/2023 di sekolah-sekolah se-Provinsi Bengkulu. 

"Kami pantau pelaksanaan PPDB yang berlangsung di Bengkulu hingga beberapa hari kedepan," kata Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli Provinsi Bengkulu, Kombespol Asep Teddy Nurrasyah, S.IK.,MM melalui Sekretaris Satgas Henny Kauri, S.Pt., MM.,CRMO, Senin (27/6/2022). 

Henny mengungkap pihaknya melakukan pengawasan secara terbuka dan tertutup. Pengawasan ini dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu dalam upaya pelayanan prima PPDB 2022. 

"Untuk mengantisipasi terjadinya praktek pungutan liar, maka Disdik dan Saber Pungli disiagakan selama pelaksanaan PPDB,". 

Henny menyebut pelaksanaan pengawasan menyasar ke sekolah-sekolah favorit yang menjadi tujuan sebagian besar masyarakat Bengkulu. 

Kehadirannya untuk memberikan pemahaman, mulai dari Kepala sekolah (Kepsek), Guru dan semua pihak agar bersama-sama meminimalisir terjadinya Pungli pada saat PPDB Online berlangsung. 

Saber Pungli juga menegaskan jika sistem pada PPDB Onlilne telah menjangkau semua jalur masuk siswa. Mulai dari jalur prestasi, afirmasi, perpindahan orang tua, prestasi baik akademik dan non akademik dan zonasi. 

"Kami coba mengingatkan bahwa adanya aturan-aturan yang tidak membolehkan adanya Pungli di PPDB ," kata Henny. 

Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu sendiri telah menyampaikan jadwal PPDB jalur prestasi, afirmasi dan jalur perpindahan orangtua akan dilaksanakan pada tanggal 27 Juni hingga 29 Juni. 

Sedangkan untuk hasilnya akan diumumkan pada tanggal 30 Juni. Kemudian untuk Jalur zonasi akan laksanakan pada tanggal 1 Juli hingga 5 Juli, untuk pengumumannya sendiri pada 6 Juli.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar