Jajaran Kemenkumham Bengkulu Targetkan Zero Penyimpangan

KBRN, Bengkulu : Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Provinsi Bengkulu Bengkulu mendeklarasikan janji kinerja dan pencangan zona integritas menuju WBK/WBBM tahun 2022, pada Selasa, (25/1/2022), bertempat di Aula Rafflesia Kanwil Kemenkumham Bengkulu.

Hadir dalam kegiatan penting itu, Gubernur, Kapolda dan jajaran Forkopimda Provinsi Bengkulu antara lain, Kepala Kejaksaan Tinggi, Kepala Perwakilan Ombudsman, Kepala BNNP, Ketua Pengadilan Tinggi, Kepala KPKNL, Kepala KPPN, Kepala Perwakilan BPKP, Pimpinan Cabang BNI Bengkulu, dan Ketua PWI Bengkulu.

Turut hadir juga pimpinan tinggi pratama, 11 Kepala UPT jajaran Kanwil Kemenkumham Bengkulu, pejabat struktural, JFU maupun JFT baik secara langsung atau virtual.

“Kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun ini, sebagai bentuk komitmen awal serta sebagai pedoman jajaran pegawai Kemenkumham dalam rangka melaksanakan kinerja secara PASTI (Professional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif), serta peneguhan Core Values ASN Berakhlak (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Dan Kolaboratif), khususnya di jajaran Kanwil Kemenkumham Bengkulu sebagai pendorong bagi jajaran pegawai untuk meraih prestasi demi prestasi di tahun 2022,” ungkap Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Imam Jauhari, dalam keterangannya.

Janji Kinerja Kemenkumham tahun 2022 memuat 3 butir pernyataan penting antara lain : 1) Menjaga Kesehatan Sehingga dapat Berkinerja Secara Produktif, 2), Melaksanakan Perjanjian Kinerja Secara Akuntabel, 3) Menyiapkan Langkah Antisipasi dan Mitigasi Sedini Mungkin Untuk Meminimalisasi Risiko.

Sedangkan tema deklarasi janji kinerja tahun 2022 adalah, “Kita Tingkatkan Kinerja Kemenkumham Semakin Pasti Dan Berakhlak Mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional (Pen) Dan Reformasi Struktural”.

Kakanwil berharap, janji kinerja yang diucapakan oleh seluruh jajaran pegawai segera diimplementasikan dalam rangka melaksanakan kinerja di tahun 2022.

“Saya mengingatkan kepada saudara- saudara semua untuk tetap solid dan kompak dalam bekerja, berkinerja secara cepat untuk melaksanakan target kinerja tahun 2022 dengan tuntas dan berkualitas. Lalu, sinergi dan kolaborasi akan terus berjalan tak lekang oleh waktu,” ajaknya.

Tahun 2022 merupakan tahun ketiga Indonesia menghadapi pandemi Covid-19, Kakanwil mengingatkan, jajarannya tetap mematuhi protokol Kesehatan, menerapkan pola hidup sehat, dan berpikir/bertindak secara positif. Pencanangan zona integritas adalah upaya menjaga Kemenkumham dari segala bentuk penyimpangan dan korupsi.

Terlebih dalam pencangan zona integritas dibutuhkan komitmen dari seluruh jajaran pegawai untuk memberika pelayanan yang terbaik kepada masyarakat sehingga berkinerja secara tinggi guna mewujudkan zero penyimpangan, zero penyelewengan, dan zero komplain.

Apalagi setiap unit dalam sebuah organisasi memiliki peran penting dalam rangka pembangunan zona integritas mulai dari Pegawai PPNPN hingga pimpinan tinggi memberikan bukti nyata pelayanan prima kepada masyarakat.

“Seluruh jajaran pegawai melakukan dan melaksanakan pedoman arahan Menteri Hukum dan HAM RI, yang sudah ditetapkan yang meliputi, 1). Sehat jasmani dan rohani, 2). Melaksanakan Janji Kinerja yang telah dideklarasikan Bersama, 3). Pedomani Kebijakan yang telah digariskan Presiden RI serta kebijakan Menkumham, 4). Para Pimti Madya beserta seluruh jajaran Kemenkumham diharapkan bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab, serta hasilnya dapat dipertanggungjawabkan dan tidak ada penyimpangan “Zero Mistake, 5). Tata Nilai yang harus dipahami dan diimplementasikan dengan Langkah nyata di lapangan, bukan hanya sekedar jargon belaka, 6). Kesiapan menghadapi situasi kedaruratan (unpredictable) melalui penyusunan rencana dan langkah-langkah kontijensi. Termasuk juga mampu melaksanakan kinerja dengan baik, memperkuat sinergi dan kolaborasi demi Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu yang Pasti PADEK (Pengayom, Antusias, Dedikasi, Efektif, dan Kreatif),” tutupnya.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyatakan mendukung deklarasi janji kinerja dan pencanangan zona integritas dari jajaran Kemenkumham ini. Apalagi dengan itu berimbas pada layanan kinerja yang lebih baik lagi, karena berhubungan langsung dengan masyarakat, khususnya warga binaan dan lain sebagainya.

“Diharapkan kinerja jajaran Kemenkuham di Bengkulu lebih baik lagi kedepannya,” pungkas Gubernur.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar