Kasat Polair Bengkalis Ingatkan Nelayan Mengurus Pas Kecil

Kasat Polair Polres Bengkalis AKP Rahmat Hidayat

KBRN, Bengkalis :Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Bengkalis sampai saat ini masih terus dilakukan pembinaan terhadap Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) Perairan terkhusus untuk para nelayan yang berada di perairan Kecamatan Bengkalis dan Bantan.

Kasat Polair Polres Bengkalis, AKP Rahmat Hidayat, S.I.K, bahwa berangkat adanya FKPM perairan ini, pada dasarnya pihaknya membantu para nelayan terutama memfasilatasi mereka untuk mendapatkan Pas Kecil atau surat Izin berlayar khusus untuk nelayan yang menggunakan kapal dengan makaimal GT 7, ini wajib menggunakan Pas kecil yang dikeluarkan oleh Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP).

"Sampai sekarang masih banyak nelayan yang datang ke kita, mereka adalah nelayan yang belum ada Pas kecil,kita akan fasilitasi mereka ke KSOP,"kata Kasat Polair AKP Rahmat Hidayat, Kamis, (14/1/2021).

Selain memfasilitasi untuk pembuatan Pas kecil Satpol air juga menampung keluhan para nelayan.

"Banyak manfaat pas kecil ini bagi nelayan. Diantara paling utama yakni sebagai bukti kepemilikan kapal. Sehingga para nelayan akan lebih aman dalam bekerja mencari ikan di laut, "kata Rahmat.

Kemudian, dengan adanya FKPM Perairan yang telah terbentuk ini, juga sebagai salah satu ajang silaturahmi dan pemersatu bagi seluruh nelayan di Kecamatan Bengkalis, dan Bantan. Sehingga diantara mereka bisa berkomunikasi dengan baik melalui FKPM tersebut.

"Selanjutnya, dalam bidang pencegahan penyeludupan barang ilegal dari luar negeri, seiring adanya pandemi COVID-19 ini, patroli makin diperketat. Meski begitu kita berharap COVID-19 cepat berlalu, dan kehidupan masyarakat bisa normal kembali, "jelas Kasat lagi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00