MTQ Tingkat Kabupaten Bengkalis Resmi di Buka Pj.Bupati Bengkalis

Pj.Bupati dan Unsur Forkopimda tekan serine tanda MTQ ke 45 Kabupaten Bengkalis Resmi dibuka

KBRN, Bengkalis : Suara serine dan tabuhan kompang menandakan musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke 45 Tingkat Kabupaten Bengkalis resmi di buka Pj.Bupati Bengkalis,Senin, 23 Nopember 2020 di Halaman Mesjid Agung Istiqomah persimpangan Jalan Sudirman dan Jalan Patimura Bengkalis.

Acara pembukaan MTQ ke 45 ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya di masa pendemi covid-19. Kepala bagian (kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Hambali ketika di wawancara RRI menyebutkan pelaksanaan MTQ tetap dilaksanakan namun caranya berbeda seperti pawai ta'aruf tahun ini ditiadakan, undangan pembukaan juga dibatasi dan dudukpun berjarak serta wajib gunakan masker serta mencuci tangan.

"Ini kita perketat panitia juga meminta tamu wajib mencuci tangan dan gunakan masker dan mengingtkan untuk patuhi protokol kesehatan,"kata Hambali sehari sebelum pembukaan.

Ditambahkan Hambali Sebelumnya, jadwal MTQ ke-45 akan dilaksanakan di Kecamatan Bathin Solapan dengan pertimbangan beberapa hal maka MTQ dilaksanakan di Kabupaten Bengkalis.

Sebelum penekanan tombol sirine, pada awal acara disuguhkan suara emas qori jemputan H Abdullah Fikri Qori Internasional dari Provinsi Jambi.

Acara pembukaan MTQ ke-45 Tingkat Kabupaten Bengkalis ini turut di hadiri oleh Ketua DPRD Bengkalis H Khairul Umam, Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan, Dandim 0303 Bengkalis Letkol Inf Lizardo Gumay, Sekda Bengkalis H Bustami HY dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah dilingkungan Pemkab Bengkalis.

Sementara itu dalam laporan panitia pelaksana MTQ ke-45 tingkat Kabupaten Bengkalis H Bustami HY mengatakan peserta MTQ tahun ini dilaksanakan sejak tanggal 22 November hingga 2 Desember 2020.

"Ada pun jumlah peserta yang mengikuti MTQ ke-45 Tingkat Kabupaten Berjumlah 377 orang peserta terdiri dari KecamatanBengkalis 45 orang, Bantan 43 orang, Bukitbatu 49 orang, Siak Kecil 42, Pinggir 40 orang, Rupat 33 orang, Rupat utara 32 orang, Bandar laksmana 33 orang, Bathin Solapan 39 orang, LPTQ 22 orang," kata Bustami HY.

Sementara itu Pj. Bupati Bengkalis H syahrial Abdi dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan MTQ ini menjadi sarana pembelajaran dan evaluasi bagi kemajuan masyarakat dalam menghayati dan mengamalkan nilai-nilai keagamaan.

“Pemahaman dalam membaca dan menulis Al-Qur’an secara baik dan benar. Akan tetapi, yang menjadi lebih penting adalah mendorong semua masyarakat secara swadaya dan mandiri untuk melakukan berbagai kegiatan nyata dalam memberantas buta aksara Al-Qur’an di Negeri Junjungan,” ungkap Pj Bupati Syahrial. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00