Dinsos Salurkan BST Covid-19 Untuk Warga Kelurahan dan Anak Panti Langsung Dua Bulan

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis Martini

KBRN, Bengkalis : Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bengkalis telah salurkan 3 tahap bantuan sosial tunai (BST) untuk Kelurahan dan anak panti asuhan.

Tahap pertama telah disalurkan pada bulan Mei 2020 dan untuk tahap dua dan tiga disalurkan pada bulan Agustus 2020 sekaligus.

BST ini merupakan Komitmen pemerintah daerah kabupaten Bengkalis  untuk membantu masyarakat yang terdampak langsung Covid-19, pihak dinas sosial yang diberikan tugas untuk menyalurkan BST Covid-19 mendapakan tantangan tetap melakukan koordinasi ke BKAD dan tetap diawasi inspektorat.  

Penyaluran tahap dua dan tiga dilakukan Rabu (12/8/2020) melalui bank yang ditunjuk pemerintah Kabupaten Bengkalis, dan dana BST ini bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kepada 34.529 kepala keluarga dan 209 anak panti.

“Sesuai rencana, hari ini kita menyalurkan dana BST APBD, langsung ditransfer ke rekening penerima yang terdampak Covid-19,” ungkap Kepala Dinas Sosial Martini. Rabu (12/8/2020) ditemui wartawan diruang kerjanya.

Para penerima dana BST APBD Bengkalis ini antara lain guru MDTA, mubaligh dan rohniawan, anak panti serta profesi lainnya. Bantuan ini akan diberikan kepada 34.529 kepala keluarga dan 209 anak panti.

Masing-masin penerima akan mendapat bantuan langsung tahap kedua dan ketiga sebesar Rp1.200.000, sedangkan untuk anak panti mendapatkan bantuan sebesar Rp 400.000

Diungkapkan Martini, untuk penyaluran tahan lanjutan ini sedikit mengalami keterlambatan, karena adanya perubahan alokasi pengguna dana BST untuk penanganan Covid-19." Kendala kita hadapi salah satunya pengunduran diri bendahara BKAD maka kita harus merubah ulang semua berkas berkas disesuaikan dengan bendahara yang baru, kami sudah bekerja dengan keras juga kegiatan ini kami tidak sendiri terkait dengan OPD lainnya," papar Hj. Martini.

Penerapan penerima BST ini telah diverifikasi dari tingkat RT, kelurahan dan kabupaten. Langkah ini agar tepat sasaran dan menghindari terjadinya penerima bantuan ganda. Hasil verifikasi Kelurahan dilengkapi dengan surat pertanggung jawaban mutlak.

Tugas dinsos Bengkalis tidak berhenti disini masih ada menunggu hasil penyaluran BST dari Bank Riau Kepri karena kita melakukan verifikasi secara ketat," penerima BST ini mungkin ada yang kami coret atau ganti karena mereka menerima dari bantuan lain terutama dari pusat, ya pasti ada yang protes tim kami dari densos akan turun kelapangan untuk menjelaskan ke warga yang tidak menerima," kata kadis Sosial Kabupaten Bengkalis.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00