Mesjid Agung Istiqomah Bengkalis Sembelih 8 Ekor Hewan Kurban

Penyembelihan hewan kurban di mesjid Agung Istiqomah Bengkalis
Penyembelihan hewan kurban di mesjid Jamik Kelapapati laut Bengkalis
Warga menyaksikan penyembelihan hewan kurban di Bengkalis

KBRN, Bengkalis : Pelaksanaan pemotongan hewan kurban hari raya Idul Adha 1441 H di mesjid dan surau/ musollah umumnya dilaksanakan pada 11 zulhijah 1441 hijriah atau bertepatan 1 Agustus 2020 masehi.

Seperti terpantau pemotongan hewan kurban di mesjid Agung Istiqomah Bengkalis puluhan panitia sudah sejak pukul 7.00 WIB sudah berada di halaman parkir mesjid guna untuk melaksanakan pemotongan 7 ekor sapi dan 3 ekor kambing.

Sebelum pelaksanaan penyembelihan staf ahli Bupati Hj.Umi Kalsum membuka secara resmi penyembelihan yang didampingi ketua pengurus mesjid Agung Istiqomah H.Arianto dan ketua panitia pemotongan hewan kurban Muhammad Hamidi,S.H yang merupakan jemaah mesjid serta menjabat Kepala Dusun Timur Desa Kelapapati Bengkalis.

Hamidi selaku ketua penyembelihan menyebutkan bahwa tahun ini telah di bentuk panitia karena jumlah hewan kurban dibanding tahun lalu sangat jauh berbeda jumlahnya.

"Alhamdulillah tahun ini ada 6 ekor sapi dan 3 ekor kambing dari jemaah, 1 ekor sapi dari bantuan pemerintah Kabupaten Bengkalis yang berasal dari pegawai negeri sipil, sedangkan tahun lalu jumlahnya 1 ekor sapi yang merupakan bantuan pemerintah,"kata Hamidi.

Terjadinya peningkatan tahun ini disebabkan karena dikoordinir untuk peserta kurban dari jemaah sementara tahun lalu tidak dilakukan karena yang ikut umumnya jemaah mesjid Agung Istiqomah Bengkalis.

"Alhamdulillah dengan dikoordinirnya tahun ini peserta kurban meningkat dari tahun lalu,"kata Hamidi.

Panitia telah menyiapkan lebih kurang 750 kupon yang dibagikan kepada kelompok-kelompok masyarakat yang kurang mampu terutama kaum dhuafa dan jemaah serta masyarakat Parit Bangkung sekitarnya.

Sementara itu di surau Al Hikmah Kelapapati Tengah Bengkalis penyembelihan 2 ekor sapi dan 1 ekor kambing dilaksanakan Sabtu pagi oleh panitia penyembelihan.

Seperti dikatakan Ketua kurban Sapran bahwa penyembelihan dilakukan pada Sabtu mengingat hari Jum'at waktunya singkat.

"Ya kita laksanakan pada hari ini karena kalau Jum'at waktunya terputus saat panitia melaksanakan sholat Jum'at,"kata sapran.

Selain itu Sapran juga mengajak warga ataupun jemaah surau Al Hikmah untuk tahun depan jumlah pesertanya meningkat dan bagi warga yang ingin berkurban bisa daftar kepengurus surau sedangkan untuk pembayaran bisa di cicil agar tidak berat.

Selain surau Al Hikmah juga terlihat masyarakat juga melihat penyembelihan hewan kurban di mesjid Jamik Kelapapati laut, dengan jumlah 4 ekor sapi dan kambing.

Dari beberapa lokasi yang terpantau rata-rata panitia juga menyiapkan tempat cuci tangan dan sebagian menggunakan masker karena pada masa pandemi covid-19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00