PPDP KPU Kabupaten Bengkalis dilakukan Repid dan Swab Test

Ketua KPU Bengkalis, Fadillah Al Musully

KBRN, Bengkalis : Sebanyak 1.285 orang Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) melakukan rapid test untuk pemuktahiran data dan pencocokan melalui door to door atau dari rumah ke rumah. Dari jumlah tersebut, beberapa diantaranya dilanjutkan dengan pengambilan sampel untuk uji swab karena hasil rapid testnya reaktif.

Tindakan rapid test terhadap 1.285 petugas PPDP Ini dilakukan di halaman Kantor KPU Jalan  Pertanian  Bengkalis, Kamis  (9/7/2020). Selain ketua KPU Fadhillah Al Mausuly dan anggota KPU lainnya, rapid test itu juga disaksikan langsung oleh Plh Bupati Bengkalis, H Bustami HY, Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan, Dandim 0303 Bengkalis Letkol Inf Lizardo Gumay, Kajari Bengkalis Nanik Kushartanti, Kadis Kesehatan Bengkalis, dan dr Ersan Saputra.

Diketahuinya ada  pengambilan sampel untuk uji swab karena proses pengambilan sampelnya berbeda dengan sistem rapid test. Kalau rapid test sampel yang diambil adalah darah sementara untuk uji swab sampel yang diambil berasal dari lendir dari rongga hidung. Belum diperoleh informasi pasti berapa jumlah  petugas yang reaktif saat rapid test ini.

Kepala Dinas Kesehatan Bengkalis, Ersan Saputra, membenarkan adanya pengambilan sampel untuk uji swab tersebut. “Intinya adalah rapid test, cuma kebetulan ada yang reaktif maka dilanjutkan dengan swab,” ungkapnya saat dikonfirmasi usai melalui kegiatan secara resmi yang turut di hadiri plh. Bupati bengkalis H. Bustami HY. 

Sementara itu, Ketua KPU Bengkalis Fadhillah Al Mausuly saat diwawancara awak media mengatakan repid test yang di lakukan berdasarkan intruksi dari KPU RI dan repid test dilakukan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan tim gugus tugas covid-19 kabupaten Bengkalis. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00