Menuju "Tatanan Kehidupan Baru", Polres Bengkalis Siapkan Pengamanan di Beberapa Lokasi

Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan

KBRN, Bengkalis : Pemerintah saat ini masih mempersiapkan perubahan setelah pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menuju ke Tatanan Kehidupan Baru.

Terkait dengan persiapan tersebut khusus Kabupaten Bengkalis yang masuk salah satu rencana dalam tatanan kehidupan baru ini telah melaksanakan beberapa kali pertemuan dengan semua pihak yang terkait dalam masalah tersebut, termasuk salah satunya aparat dari kepolisian.

Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan saat di jumpai di kantornya menyebutkan bahwa dari Polres Bengkalis sudah mempersiapkan beberapa lokasi yang perlu diamankan untuk tatanan kehidupan baru di masa Pendemi corona, di titik lokasi tersebut perlu menjadi perhatian agar dengan program tatanan kehidupan baru atau new normal.

"Kita sudah siapkan titik lokasi pengamanan menuju new normal seperti di pasar tradisional di Bengkalis lokasi pasar terubuk dan pasar lama, Pelabuhan-pelabuhan seperti pelabuhan Bandar Sri Laksamana (BSL) dan Roro pelabuhan air putih Bengkalis, Sei Selari serta pelabuhan di Rupat, kemudian di mall mandau city, dan di beberapa titik tempat berkumpulnya masyarakat,disini nanti akan dilaksanakan kegiatan pendisiplinan,"kata Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan, Jum'at, (29/5/2020).

Bentuk kedisplinan yang akan diterapkan pada masa tatanan kehidupan baru ini maksudnya bukan seperti sebelum pandemi corona, terapi pada masa covid-19 banyak yang harus berubah seperti saat warga sudah mulai beraktivitas seperti biasa tentunya mereka harus memperhatikan protokol kesehatan, seperti, selalu jaga jarak, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, menggunakan masker, tidak melakukan kumpul kumpul dan selalu melakukan pengecekan suhu badan, selain sosial Distancing juga psikal distancing atau menghindari kerumunan.

"Intinya bagaimana menjalankan kehidupan yang normal tetapi harus mengikuti protokol kesehatan,"katanya.

Terkait dengan sangsi hukum apabila ada masyarakat yang melanggar aturan protokol kesehatan dikatakan Kapolres sampai saat ini belum ada, karena aturan terkait new normal atau tatanan kehidupan baru belum ada di terbitkan kementrian terkait, dan aturan PSBB tidak berlaku lagi.

"Untuk saat ini kita lebih banyak mengimbau masyarakat untuk masuk ke masa tatanan kehidupan yang baru, pada masa Pendemi corona ini, agar bisa jadi kebiasaan di masyarakat"kata mantan kasat Lantas Bengkalis tahun 2006 ini.

Pendisiplinan ini sudah dimulai sejak Kamis,28/5/2020 dengan melibatkan TNI dan Satpol PP.

Ditambahkan Hendra untuk posko perbatasan masih tetap dilaksanakan untuk cek poin karena masih dalam suasana operasi ketupat 2020 karena sesuai dengan peraturan Kementerian Perhubungan terkait larangan arus balik dan dilakukan pengecekan suhu badan di posko yang termasuk salah satu pendisiplinan diri.

Kapolres juga menyebutkan untuk mempermudah laporan kegiatan personil sekitar 113 orang di lapangan, Kapolres juga sudah menyiapkan sistem pelaporan untuk memudahkan pengawasan dalam kegiatan tatanan kehidupan baru ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00