Balitbang Gelar Persentase Akhir Lomba Penelitian dan Pengembangan

KBRN, Bengkalis : Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Bengkalis mengelar Persentase Akhir Lomba Penelitian dan Pengembangan Tingkat SMA/sederajat se- Kabupaten Bengkalis di Aula Kantor Balitbang, Rabu, 20 Nopember 2019 dimulai pukul 09.00 s/d 16.00 WIB.

Kegiatan presentasi akhir ini dipandu moderator senior Dahen Tawakal yang juga menjabat sebagai  Sekretaris Balitbang didampingi Kepala Bidang (Kabid) Sosial dan Pemerintahan Dian Rachmadhany, Kasubid Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pengkajian Peraturan Balitbang Cahayawati serta empat dewan juri yakni, Anshori Wibowo, Tengku Khairuddin, Eva Novasari dan Johan Andriesgo.

Presentase akhir ini di ikuti 5 tim dari 14 tim sekaloh yang telah lolos pada saat seminar proposal awal pada 20 September 2019 lalu, dan setelah 3 bulan melaksanakan penelitian hasilnya disampaikan dihadapan dewan juri dan rencana pada hari kamis ini akan diketahui hasilnya.

Sebelumnya, pada 15 s/d 31 Mei 2019, telah dilakukan penerimaan pendaftaran peserta, sedangkan penelitian dimulai 1 Agustus s/d 31 Oktober 2019.

Dahen mengatakan Tujuan dari kegiatan ini untuk membangkitkan potensi kreatiftas siswa ataupun siswi SMA terhadap hal-hal yang bisa dikaji dari dilingkungan sekitar.

“Kami dari pihak Balitbang siap untuk membantu dan memfasilitasi siswa siswi ataupun masyarakat yang memiliki potensi dan kreatifitas yang bisa dikembangkan, serta kami akan bekerjasama dengan dinas terkait untuk membantu mempromosikan hasil karya tersebut,” Ungkap Dahen.

Ditambahkan Kabid Sosial dan Pemerintahan Dian Rachmadhany didampingi PPTK kegiatan Cahayawati masing masing tim yang lolos ini dibantu biaya penelitian maksimal Rp.15 Juta, "Jadi setelah selesai melakukan penelitian lanjutan mereka kami undang kembali untuk mempresentasikan lagi hasil penelitian seluruhnya di hadapan Dewan Juri, untuk diuji hasil penelitiannya,” jelasnya.

Berikut 5 Tim dan judul proposal terbaik yang berhasil menyisihkan belasan kompetitornya.

Pertama Tim dari SMA N 1 Bantan judul proposal Pembuatan Pupuk Cair dan Biopestisida dari Air Kelapa dan Sirih Sebagai Pemanfaatan Kearifan Lokal.

Kedua, utusan SMK N 1 Rupat judul Pemanfaatan Pupuk Organik Cair-Embio (POC-EMBIO) untuk Meningkatkan Pertumbuhan Tanaman Bawang Merah Pada Lahan Gambut di Kecamatan Rupat

Ketiga, Tim SMK N 3 Mandau judul Pembuatan Sabun Kecantikan dari Minyak Kelapa dengan Ekstrak Lidah Buaya

Keempat, SMA N 5 Pinggir judul Pembuatan Sabun Menggunakan Ekstrak Kulit Pisang dengan Aroma Terapi Bunga Melati

Kelima tim dari SMK N 1 Pinggir Pemanfaatan Limbah Kertas untuk Pembuatan Seni Kerajinan Batu Hias dan Potensinya sebagai Inovasi Industri Kreatif di Kabupaten Bengkalis.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00