Petani Padi di Wilayah Bengkalis Daratan Khawatir lahan Persawahan Jadi Perkebunan Sawit, Ini Kata Wakil Bupati Bengkalis

Wabup keliling kampung sekaligus ikut panen padi

KBRN, Bengkalis : Masyarakat Petani padi di beberapa Desa dalam Kecamatan Siak kecil Kabupaten Bengkalis mulai diselimuti rasa kekawatiran karena luas lahan persawahan mereka mulai sedikit demi sedikit digantikan dengan perkebunan sawit.

Kekhawatiran tersebut ternyata juga jadi kekhawatiran pemerintah karena luas lahan persawahan mulai berubah menjadi lahan perkebunan.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Bengkalis H.Bagus Santoso saat melakukan panen bersama masyarakat di Desa Lubuk Gaung Kecamatan Bengkalis, pada ahad,4 Juli 2022.

Wabup Bagus Santoso saat lawatannya keliling kampung merasa puas dapat langsung bersama petani padi untuk melakukan panen padi disana.

Bagus Santoso langsung turun kesawah bersama petani dan Khairul TNI Babinsa menikmati panen padi milik Pakde Mukiyar yang sudah menguning. Hal menarik meski lokasi sawah posisi letak wilayah desa Lubuk Gaung namun petani padi berasal dari Tanjung Damai desa eks transmigrasi angkatan tahun 1990-an. 

Pada aktifitas panen tersebut Bagus Santoso berkesempatan dialog bersama petani terkait potensi padi, irigasi, alat pertanian dah keluh kesah tantangan komiditi kebun sawit yang semakin menggerus lahan persawahan. Sebelum mampir panen padi Wabup keliling sejumlah desa diantaranya Bandar Jaya, Sumber jaya, Sungai Linau, Lubuk Garam, Lubuk Gaung, Sepotong dan Langkat.

Bagus Santoso merasa kawatir keberadaan lahan sawah untuk menanam padi karena sudah dikelilingi tanaman sawit. Bahkan sawah yang berada diperbatasan desa Tanjung Damai dengan lubuk Gaung sudah banyak alih fungsi jadi  kebun sawit.

“Wah sawah ini sudah dikepung kebun sawit, saya hormat pada petani yang tetap tekun tanam padi , anda petani sejati pertahankan jangan dirubah fungsi “ kata wabup

Pada lawatan keliling kampung Bagus Santoso mendapat sambutan hangat warga desa desa eks transmigrasi yang saat ini secara berangsur terus ada pembangunan menuju desa maju. Walaupun infrastruktur jalan belum dapat semua terbangun dengan semenisasi.” Insya Allah kami pasangan KBS Kasmarni Bagus Santoso akan terus berikhtiar bangun desa bangun negeri Bengkalis bersama masyarakat," ujarnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar