Wamen LHK RI Apresiasi Upaya Pertamina RU II Dumai dan Sungai Pakning

KBRN, Bengkalis: Wakil Menteri Lingkungan Hidup  dan Kehutanan Republik Indonesia, Dr. Alue Dohong, PhD., melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bengkalis, Kamis, (19/5/2022).

Kunjungan dipusatkan di Taman Arboretum Gambut Marsawa, Kampung Jawa, Kecamatan Bukit Batu. 

Wamen mengapresiasi upaya Pertamina RU II Dumai dalam menjaga lingkungan hidup dan berhasil mengajak masyarakat sekitarnya lebih produktif.

"Ini merupakan upaya bersama menjaga lingkungan hidup. Ternyata banyak sekali jenis tanaman disini. Masyarakat juga sangat inovatif seperti membuat sumur bor untuk memadamkan api. Seharusnya ini dibuat prototipe setiap desa, yang merupakann bagian dari desa Proklim. Jadi kalau banyak desa yang membuat seperti ini saya yakin masyarakatnya akan sejahtera",ungkapnya. 

Wamen mengapresiasi sumur bor yang dibuat MPA untuk memadamkan karlahut agar dikembangkan didaerah lainnya. 

Sementara itu Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso dalam kata sambutanya mengucapkan selamat datang kepada Wakil Menteri LHK RI ke Kabupaten Bengkalis.

Bagus Santoso juga mengapresiasi kontribusi dan keberhasilan PT. Pertamina RU II Dumai dan Sei Pakning yang telah menyulap lahan yang dulunya langganan karlahut kini menjadi taman edukasi yang asri dan nyaman produktif.

“Sekali Pertamina untuk terus berpartisipasi membangun Kabupaten Bengkalis agar menjadi negeri Bermasa yakni Bermarwah, Maju dan Sejahtera”,harapnya.

Dalam kesempatan tersebut ia juga menyampaikan berbagai permasalahan lingkungan terjadi di Bengkalis, mulai dari permasalahan kebakaran hingga abrasi yang sudah berlangsung lama butuh campur tangan dari pusat hingga daerah.

“Persoalan abrasi yang sangat luar biasa sampai pak Presiden Jokowi juga sudah sampai disana. Begitu juga dengan kebakaran lahan, masalah air bersih dan sampah juga masih dibutuhkan solusi konkrit”,terangnya.  

Ia berharap kehadiran Wamen menjadi momentum mencapai dan mencari solusi sekaligus kejayaan Kabupaten Bengkalis untuk dapat keluar dari berbagai permasalahan khususnya lingkungan dan kehutanan yang senantiasa menjadi problem besar di Negeri Junjungan ini.

Menanggapi permasalahan tersebut Wamen LHK menjelaskan sesuai regulasi UU No.11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

"Untuk Pass Pasum ini tinggal nanti pak Wabup dan Bupatinya menyamapaikan secara kontinue. Kemudian untuk daerah lindung bisa dengan skema kehutanan sosial. mengenai abrasi bisa dilakukan operasi pantai",jelasnya Wamen usai keliling Taman Arboretum Gambut.  

General manager Pertamina RU II Dumai Permono Avianto dalam sambutannya menyampaikan sejarah dan wilayah serta projek yang dihasilkan Pertamina Sungai Pakning dan RU II Dumai.

"Produk yang kita hasilkan cukup lengkap, semua bahan bakar, elpiji, premium, pertalite pertamax, aftur, solar, hingga MFO Sulfur yang kini menjadi primadona kita",terangnya.

Sementara itu Direktur HC & PB PT.KPI. Isnanto Nugroho dalam kata sambutannya mengatakan pihaknya bukan hanya mengejar laba profit perusahaan namun juga menginisiasi dan bersinergi dengan berbagai pihak untuk menjaga lingkungan hidup serta memberdayakan masyarakat sekitarnya.

"Kami juga berkontribusi terhadap masyarakat serta lingkungan, salah satunya Arboretum gambut Marsawa ini merupakan hasil kerjasama tersebut yang terdapat di Desa Kampung Jawa, Sungai Pakning. Selain itu juga Pertamina RU II Sei Pakning mengedukasi masyarakat memanfaatkan lahan gambut tanpa merusak ekosistimnya diantaranya budi daya madu. Sementara untuk mengatasi kesulitan air bersih Pertamina juga telah membuat Filagam”,rincinya.

Manager Pertamina RU II Sungai Pakning Antoni R Doloksaribu mengungkapkan Arboretum Gambut Marsawa diresmikan pada tahun 2017 memiliki luas satu setengah hektar. memiliki sekitar 50 jenis species flora dan fauna.

Taman Arboretum Gambut ini terbuka untuk umum untuk rekreasi, pusat studi dan penelitian. bahkan beberapa Lembaga pendidikan dan Pusat penelitian dalam dan luar negeri sudah mengunjungi Arboretum Gambut Bukit Batu. 

"Kita berterima kasih kepada Mitra Pertamina, ada pak Sadikin dan kawan-kawan yang terus merawat taman tersebut dan juga sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan. Kita PT. KPI Sungai Pakning sudah 4 kali berturut-turut meraih Proper Emas dengan berbagai inovasi untuk kemaslahatan warga masyarakat, dan pada hari ini terima kasih pak Wamen LHK RI dan Pak Wabup Bengkalis sudah berkunjung ke Arboretum Gambut ini",paparnya.

Dalam kunjungan kerja Wamen LHK di Arboretum Gambut Bukit Batu berkesempatan melihat dan mencoba langsung peragaan inovasi sumur hidran untuk pengentasan karlahut bersama Masyarakat Peduli Api.

Wamen yang didampingi Wakil Bupati Bengkalis dan Jajaran Managemen Pertamina RU II Dumai juga melakukan penanaman pohon bersama.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar