Filagam Unggulan CSR Pertamina RU II Sungai Pakning Menuju Proper Emas 2021

KBRN, Bengkalis: Pertamina RU II Sungai Pakning salah satu kandidat perusahaan yang ikut Proper Emas 2021. 

Proper Emas 2021 merupakan program penilaian peringkat kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup. Sebelumnya Pertamina RU II Sungai Pakning telah meraih 3 Proper Emas. 

General Manager Pertamina RU Dumai Permono Avianto, usai melakukan presentasi Proper Emas dihadapan Dewan Pertimbangan Proper KLHK melalui zoom, Minggu (5/12), mengatakan Pertamina RU II Sungai Pakning telah lulus mengikuti Proper Biru dan Proper Hijau, menjadi kandidat untuk memperebutkan Proper Emas 2021. 

“Kita diminta untuk menampilkan satu program baru dan program unggulan, disamping program berkelajutan yang sudah dilakukan tiga atau empat tahun sebelumnya”,ungkapnya. 

Pada presentasi penilaian peraih Proper Emas 2021 yang dilakukan secara virtual mengusung tema Kolaborasi bagi negeri kampung gambut berdikari, dengan mengangkat program filtrasi air gambut (Filagam), Sebuah inovasi sosial dengan memberdayakan masyarakat sehingga dapat menyelesaikan permasalahan atau kebutuhan air bersih di Dusun Beringin, Desa Lubuk Muda Kecamatan Siak kecil.

Dalam kesempatan tersebut semua kelompok binaan Pertamina hadir menggunakan pakaian khas melayu lengkap dengan tanjak.

“Ditahun ini yang kami angkat adalah Filagam Filtrasi Air Gambut, jadi karena kami sadar bahwa air merupakan salah satu kebutuhan mendasar dari masyarakat dan munculnya keluhan tentang keruhnya air gambut yang tidak bisa digunakan lagi oleh masyarakat. Pasca diresmikan sekitar 2 bulan lalu manfaat filagam telah dirasakan oleh warga. Masyarakat sudah terampil mengoperasionalkan sementara pertamina hanya memantau”,ungkapnya. 

Permono Avianto menjelaskan banyaknya like and comment serta share positif program Filagam yang di uploud chanel youtube Ditjen PPKL juga menjadi salah satu poin penting dalam meraih Proper Emas 2021, hingga saat ini sudah ribuan yang telah memberikan melalui youtube tentang Filagam Pertamina RU II Sungai Pakning. 

“Sampai hari ini (5/12) masih 4.000 lebih, kita masih terus meminta dukungan agar kita bisa mendapat nilai tertinggi dan video kita masuk dalam kategori video favorit. Masyarakat masih terus bisa memberikan dukungan hingga tanggal 20 Desember 2021”,jelasnya. 

Menurut Permono Avianto Pertamina RU II Sungai Pakning memiliki beberapa program handalan untuk peningkatan perekonomian warga, diantaranya program pengembangan nanas di lahan gambut. Program Pelestarian alam yakni Arboretum gambut serta program Ekowisata Gambut. 

Tim all for one Filagam Heriyanto Abi Siregar menjelaskan kapasitas Filagam dalam sehari dapat mengahsilkan air bersih sekitar 2 ton lebih. Kedepan rencananya akan dilakukan program yang sama di kawasan gambut lainnya yang kesulitan mendapatkan air bersih. 

“Kondisi air gambut yang dulu berwarna seperti teh, warga disini kesulitan mendapatkan air bersih,  itulah yang menjadi latar belakang muncul inovasi filagam ini. Hasil labor memang sangat memuaskan, air yang dihasilkan dari filagam ini sudah layak digunakan”,terangnya. 

Sementara itu Manager Pertamina RU II sungai Pakning Antoni R Doloksaribu mengatakan perusahaan dan masyarakat harus bersinergi dan berkolaborasi. Dibutuhkan kerjasama yang baik dengan masyarakat agar program yang dilaksanakan berjalan sukses. 

“Kiatnya sebetulnya bagaimana pendekatan yang paling cocok dengan masyarakat yang lebih tau apa sebetulnya kelebihan dan kemampuannya, kitalah yang mendorong dan memfasilitasi  sehingga mereka kuat, dan masyarakat disini luar biasa sekali dan sangat terbuka”,tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar