HIPMI Bengkalis Apresiasi Polbeng,Karena Selesaikan Kapal Penangkap Ikan

Ketua Bidang Kemaritiman Hipmi Bengkalis Riza Zulhelmi

KBRN, Bengkalis : Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Bengkalis memberikan apresiasi kepada Politeknik Negeri Bengkalis yang mampu menyelesaikan 2 unit kapal penangkap ikan pesanan Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui DAK Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Ketua Umum BPC HIPMI Kabupaten Bengkalis Azrul Noor melalui Ketua Bidang Kemaritiman, Kehutanan dan Lingkungan Hidup Riza Zuhelmy menyatakan, keberhasilan Polbeng dalam memproduksi kapal penangkap ikan patut mendapat apresiasi.

"Pertama kita apresiasi Politeknik Bengkalis yang mampu menyelesaikan pekerjaan tersebut,"ucapnya Rabu (22/9/2021) usai launching kapal penangkap ikan di Politeknik Bengkalis.

Disebutkan, kemampuan anak negeri di Politeknik Bengkalis dalam memproduksi kapal tentu menjadi sebuah peluang perekonomian Bengkalis.

"BPC Hipmi konsen bagaimana kemudian prestasi seperti ini mampu menjadi usaha yang menggairahkan bagi geliat ekonomi Bengkalis sebagai kawasan pesisir," kata Riza lagi.

Menurut Riza, bantuan kapal penangkap ikan 4 GT untuk kelompok nelayan di Kecamatan Bukit Batu Bengkalis merupakan program pemerintah yang mampu menjadi stimulus pengembangan usaha penangkapan ikan masyarakat sesuai dengan program ke delapan dari 8 program unggulan pemerintah kabupaten Bengkalis.

Namun perhatian terhadap kelompok nelayan di Bengkalis tidak bisa hanya di bebankan kepada pemerintah saja. Ia berharap, dunia usaha memberikan perhatian yang sama.

"BPC Hipmi menghimbau kepada dunia usaha karena keterbatasan kewenangan pemkab Bengkalis berdasarkan undang-undang pemerintahan daerah terbaru terhadap wilayah kelautan maka diharapkan saluran CSR melalui dunia usaha yang berada di Bengkalis untuk bisa membantu sarana produksi perikanan bagi nelayan,"pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Bupati Bengkalis Kasmarni meluncurkan atau melaunching dan serah terima kapal penangkap ikan 2 unit, 4 Gross Tonnage (GT) untuk perairan laut beserta mesin, alat penangkap ikan dan sarana pendukung, Rabu (22/9/2021) di Galangan Kapal Jurusan Teknik Perkapalan Politeknik Bengkalis Jalan Leseng Sungai Alam.

Kasmarni berpesan kepada kelompok penerima bantuan, agar bantuan yang diberikan benar-benar dimanfaatkan sesuai peruntukannya.

“Pergunakan seoptimal mungkin, sehingga dapat memberi manfaat besar dalam mewujudkan kesejahteraan anggota kelompok. Jaga dan rawat kapal serta perlengkapan dengan baik,” pesan Kasmarni. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00