Politeknik Negeri Bengkalis Selesaikan Pembuatan 3 Kapal Fiber Kapasitas 3 GT

KBRN,Bengkalis: Politeknik Negeri Bengkalis rampung menyelesaikan pembuatan 3 unit kapal ikan berbahan Fiberglass kapasitas 3 GT, pesanan Dinas Perikanan Kabupaten Bengkalis.

Pemimpin Proyek pembuatan kapal Romadoni menjelaskan kepada RRI, (4/11), proses pembuatan kapal, mulai dari perencanaan desain hingga proses pembuatan dilakukan di galangan mini Politeknik, melibatkan dosen dan mahasiwa Jurusan teknik perkapalan.

“Perancangan itu kami serahkan ke Dinas Perikanan untuk dilelangkan di LPSE, setelah itu maka proses pembangunan kapalnya dilaksanakan di Politeknik, ada 3 unit kapal berbahan fiberglass, teknis pembangunannya diserahkan ke Politeknik Negeri Bengkalis dan kami juga diberi kepercayaan untuk mengawas proses pembangunan ini sesuai dengan rule birokrasifikasi kapal, melibatkan para dosen, pembangunan kapalnya melibatkan mahasiswa dalam proses praktek dan untuk waktu pengerjaannya selama 3 bulan”ungkap Romadoni.

Lebih Jauh dijelaskan Romadoni, 3 kapal yang selesai di ujicoba pada Jumat pagi tadi (4/11), dirancang dengan sepsifikasi khusus untuk berlayar di musim ombak tinggi.

“Memenuhi kriteria dari respon amplitudo operatornya sehingga kapal ini layak beroperasi, karena kapal ini akan dihibahkan kepada nelayan yang beroperasi di Selat Melaka yang tinggi gelombangnya hampir 4 meter, sehingga bentuk lambungnya harus kita modifikasi, sehingga ketika ada gelombang kapal ini mampu beroperasi disaat kondisi gelombang besar”jelasnya.

Menurut Direktur Politeknik Negeri Bengjkalis Joni Custer, proyek pembuatan kapal pesanan dari berbagai kalangan merupakan salah satu metode pembelajaran dengan Project Based Learning (PBL)

“Mahasiswa langsung terjun ke lapangan baik itu project maupun problem-problem yang ada di sekitar kita. Oleh sebab itu lah dari Dinas Perikanan Kabupaten Bengkalis memperoleh dana DAK untuk pembangunan 3 unit kapal, kapasitas 3 GT, kesempatan ini kita ambil untuk menerapkan PL tersebut jadi kapal yang dibangun ini langsung dikerjakan oleh para mahasiswa. Proses pengajaran kita sekarang itu namanya PBL Project Based Learning, mahasiswa belajar sesuai dengan project yang ada atau problem yang ada dilapangan”terang Johny Custer.

Beberapa waktu lalu, Politeknik Negeri Bengkalis juga telah menyelasaikan pesanan sejumlah kapal ikan berbahan fiberglass dengan spesifikasi khusus untuk mampu bertahan saat berlayar pada ketinggian ombak tinggi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00