Mahasiswa Polbeng Belajar Pengawasan Pemilu

KBRN, Bengkalis: 57 orang Mahasiswa Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) dari Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan Program Studi Teknik Mesin Produksi dan Perawatan (TMPP) mengikuti kuliah umum mempelajari Pengawasan Pemilu di Bawaslu Kabupaten Bengkalis. 

Kegiatan ini dilaksanakan Rabu  (25/05/2022), dan menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi pembelajaran kewarganegaraan.

Dosen pengampu Sri Jumarni, menjelaskan, dipilihnya Bawaslu Kabupaten Bengkalis adalah agar mahasiswa mengetahui secara langsung bagaimana Bawaslu melakukan pengawasan penyelenggaraan Pemilu, dalam hal menjamin terselenggaranya Pemilu yang berintegritas bebas dari money politik. 

"Money politik ini adalah penyebab utama terdegradasinya nilai Pemilu di Indonesia. Peningkatan pemahaman ini akan berdampak positif terhadap persepsi mahasiswa dalam partisipasi pemilu", ungkap Sri Jumarni.

Selain itu, sambungnya, kegiatan ini ikut mendorong terbentuknya karakter demokrasi mahasiswa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ketua Bawaslu Muchlasin menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini, ia berharap output kegiatan ini mahasiswa dapat menjadi kader pengawas pemilu yang bisa menularkan pengetahuan yang diperoleh kepada mahasiswa lainnya dan masyarakat sekitarnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar