Selamat, Jurnal Iqtishaduna dan JAS STIE Syariah Bengkalis Terakreditasi Sinta 4

KBRN, Bengkalis: Jurnal Iqtishaduna marupakan Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita dan Jurnal Akuntansi Syariah (JAS) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Syariah Bengkalis sebagai wadah komunikasi keilmuan yang terbit berkala dua kali setahun. Jurnal IQTISHADUNA ber-ISSN:2684-8228 dan JAS ber-ISSN: 2657-1676

Ketua STIE Syariah Bengkalis DR. Khadijah Ishak mengatakan setelah melalui serangkaian usaha dan pengajuan akreditasi, berdasarkan surat keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Nomor: 164/E/KPT/2021 tanggal 27 Desember 2021, jurnal IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita dan JAS (Jurnal Akuntansi Syariah) STIE Syariah Bengkalis berhasil mendapatkan peringkat 4 atau terakreditasi SINTA 4.

"Kami Ucapkan Selamat dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para pengelola kedua jurnal tersebut atas prestasinya sehingga jurnal  IQTISHADUNA dan JAS terakreditasi Sinta 4",ungkapnya.

Sementara itu Decky Hendarsyah menjelaskan bahwa menuju SINTA 4 ini melalui berbagai tahapan yang tidak mudah, untuk tahapan teknis penerbitan dimulai dari penggunaan full OJS (Open Journal Syistem), mulai dari author mengirim manuskrip melalui OJS dan diterima serta diseleksi oleh editor jurnal (editor in chief). 

"Kemudian editor jurnal menugaskan ke section editor, selanjutnya section editor mengecek kelayakan manuskrip. Setelah manuskrip layak, section editor menyerahkan manuskrip ke reviewer untuk direview. Setelah direviewer oleh beberapa orang reviewer maka manuskrip yang telah direview dikembalikan lagi ke section editor, jika ada revisi maka section editor akan mengembalikan manuskrips ke author untuk direvisi",jelasnya.

Setelah direvisi maka section editor akan mengecek apakah sudah sesuai dengan permintaan reviewer, jika sudah sesuai maka lanjut ketahap copyediting, proofreading, layouting dan akhirnya publish. Sedangkan tahapan teknis pengajuan jurnal full via online namun dengan syarat dan tahapan yang sangat ketat yang harus dipenuhi termasuk salah satunya kunjungan perhari harus di atas 30 pengunjung.

Selain itu, Decky Hendarsyah menambahkan bahwa jurnal IQTISHADUNA dan JAS sudah terindeks oleh Dimensions yang merupakan pengindeks Internasional. Kemudian IQTISHADUNA juga sudah terindeks DOAJ, dimana DOAJ merupakan pengindeks Internasional, dengan tahap pengajuan dan seleksi yang sangat ketat. Sedangkan JAS masih dalam tahap pengajuan ke DOAJ.

Selamat kepada pengelola jurnal IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita dan JAS (Jurnal Akuntansi Syariah) STIE Syariah Bengkalis yang telah berupaya maksimal untuk mendapatkan akreditasi SINTA 4 dan terindeks pengindeks Internasional. Kedepan diharapkan kepada seluruh pengelola Jurnal di STIE Syariah Bengkalis agar meningkatkan kualitas dan menargetkan ke level yang lebih tinggi lagi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar