Pers Kampus Politeknik Silaturrahmi ke PWI Bengkalis

KBRN, Bengkalis: Aura wajah-wajah muda dan belia yang mengatasnamakan Pers Kampus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jurnalistik Politeknik Negeri Bengkalis, Sabtu (9/10/2021) memberi kesan luar biasa, saat melakukan silaturrahim perdananya ke Gedung Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bengkalis, Jalan Hassanuddin.

Mengenakan seragam bertuliskan pers kampus, menjadikan mahasiswa-mahasiswi ini bersemangat. Mereka bertekad nantinya bisa menjadikan pers kampus ini berkambang di Perguruan Tinggi (PT), yang saat ini mereka tempuh dalam mendapatkan ilmu pengetahuan.

UKM Jurnalistik Politeknik Negeri Bengkalis diakui baru saja terbentuk. Dan mereka mengaku tulisan-tulisan serta karya jurnalistik mereka baru bisa di upload melalui blogger bernama jurnalistikcendekiapolbeng.home.blog. Tentu saja, semangat mahasiswa-mahasiswi Politeknik Negeri Bengkalis menjadikan semangat bagi organisasi PWI Bengkalis dalam rangka memberikan edukasi kepada UKM Jurnalistik Politeknik Negeri Bengkalis.

Kunjungan silaturrahim melalui surat resmi itu, ternyata juga sudah digagas sejak lama. Mereka memilih PWI Bengkalis, karena mengenal organisasi wartawan ini melalui sejumlah pemberitaan media, serta sejarah lahirnya PWI sebagai organisasi wartawan tertua di Indonesia.

Dalam silaturrahim itu, UKM Jurnalistik Politeknik Negeri membawa misi kunjungan industri serta menambah wawasan ilmu pengetahuan tentang bidang jurnalistik dan profesi wartawan. Tentu saja, kunjungan ini mendapat sambutan hangat dari sejumlah pengurus PWI Kabupaten Bengkalis yang hadir.

Dari organisasi PWI Kabupaten Bengkalis, pers kampus disambut Ketua PWI Bengkalis Alfisnardo, S.Ap yang diwakili oleh Wakil Ketua III Sri Mawarti, SHI didampingi anggota PWI Kabupaten Bengkalis Ony Syahroni, SE, Andrias dan Syanizam dan Penasehat PWI Kabupaten Bengkalis Sukardi, SH.

Kegiatan silaturrahim berlangsung pukul 14.00 WIB di aula Gedung PWI Kabupaten Bengkalis dan dipandu langsung Wakil Ketua III Sri Mawarti. Satu persatu mahasiswa-mahasiswi pers kampus memperkenalkan diri, mulai dari nama, jurusan, domisili hingga jenjang semester.

Diketahui latar belajang jurusan mereka berbeda-beda. Ada yang jurusan administrasi, Teknik Informasi (TI) dan teknik sipil. Namun, jurusan itu tak membuat mereka mengurangi rasa semangat ketika menjalani proses diskusi dan tanya jawab sepanjang pertemuan silaturrahmi.

Delfani, Ketua UKM Jurnalistik Politeknik Negeri Bengkalis mengatakan, silaturrahmi yang dilaksanakan hari ini sangat bermakna bagi kelangsungan UKM Jurnalistik Politkenik Negeri Bengkalis nantinya.

“Terimakasih kepada pengurus PWI Kabupaten Bengkalis, yang sudah berkenan menyambut kami dengan penuh ikhlas serta memberikan masukan-masukan bernilai ilmu pengetahuan. Ini nantinya akan kami bawa dan tentunya bisa diterapkan nantinya bersama sahabat pers kampus yang hadir pada hari ini,”ujar Delfani.

Hal senada disampaikan Putri Tampubolon, selaku panitia kegiatan kunjungan industri pers kampus. Hari ini sebuah pertemuan berharga, yang tak bisa didapatkan dari ilmu pengetahuan di kampus. Artinya, apa yang menjadi timbang saran dari pengurus PWI yang hadir, tentunya menjadikan masukan berharga untuk kedepannya.

“Sebenarnya, kami jumlahnya banyak. Hanya saja pertemuan dibatasi, ada sekitar kurang lebih 50 pers kampus yang ada. Namun, yang bisa hadir karena pandemi ini sebanyak 26 orang. Jadi, untuk pertama sekali memilih PWI sebagai tempat silaturrahmi, karena kami tahu PWI adalah organisasi wartawan yang profesional,”ujarnya.

Ia juga mengatakan, Pers kampus masih ilmu pengetahuan dari PWI untuk nantinya diimplementasikan kedalam kehidupan sehari-hari. Paling tidak masukan mengenai adanya website, kemudian perbanyak pelatihan dan seminar, serta program akan disampaikan bersama sahabat pers kampus nantinya.

“Terimakasih abang-abang dan kakak yang sudi menerima silaturrahmi kami. Serta terimakasih juga ilmu yang sekilas telah membuka cakrawala kami mengenai apa itu pers, jurnalistik dan wartawan, serta organisasi PWI. Sukses selalu buat PWI dan kami sangat berharap tidak kali ini saja melakukan tatap muka, akan tetapi kedepan bisa menjalin komunikasi yang lebih baik,”ujarnya lagi.

Sementara itu, Ketua PWI Bengkalis diwakili Wakil Ketua III Sri Mawarti, menyambut baik niat adik-adik pers kampus yang berkenan berkunjung ke Gedung PWI Bengkalis. Sehingga, kedepan dengan adanya pers kampus ini juga bisa memberikan pencerahan bagi akses informasi di kampus Politkenik Negeri Bengkalis.

“Semangat adik-adik adalah semangat kami. Mahasiswa Hebat, Kampus Hebat. Itu sudah pasti. Jadi, kami sebagai wadah organisasi pers hari ini welcome dan terbuka. Silahkan adik-adik pers kampus berkarya dengan karya jurnalistiknya, jika ada yang perlu ditanya, tak perlu sungkan atau malu datang atau komunikasi ke abang-abang atau kakak yang hadir disini,”kata Sri Mawarti diakhir silaturrahmi.

Silaturrahmi juga dibarengi dengan diskusi dan tanya jawab. Sejumlah pertanyaan dari pers kampus, tertuju kepada kerja pers, organisasi PWI dan pekerjaan profesi wartawan. Diskusi dan tanya jawab berlangsung hangat ditambah suasana pers kampus didominasi kalangan perempuan.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00