Polbeng Siapkan Diri Menuju Zona Integritas WBK

KBRN, Bengkalis : Politeknik Negeri Bengkalis menjadi salah satu dari 21 Politeknik di Indonesia yang ditunjuk dan diusulkan Dirjen Vokasi untuk diajukan ke Kementerian PAN dan RB, guna dinilai untuk ditetapkan sebagai Kampus Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI WBK).

Kepada RRI, Sabtu (12/06/2021, Direktur Politeknik Negeri Bengkalis, Johny Custer menjelaskan, setelah mendapatkan penunjukan untuk mengikuti penilaian, pihaknya saat ini tengah melakukan berbagai persiapan, termasuk mengisi sejumlah form yang disediakan.

"Jadi tahap awal setelah ditunjuk 21 Politeknik untuk Mengisi Lembar Evaluasi (LKE), ada beberapa item yang kita isi, kemudian isian kita dichek kembali oleh Inspektorat kementrian pendidikan dan kebudayaan Ristek,"katanya.

Pada tahap pertama, setelah melakukan entry sejumlah dokument dan data yang dipersyaratkan untuk menjadi nominasi, pihak Inspektorat Kemendikbud Ristek melakukan rasionalisasi data dan pembekalan, dengan mendatangi langsung Polbeng Bengkalis, Rabu (9/06/2021).

"Yang kita lakukan penilaian mandiri dengan penilaian inspektorat masih berbeda, tim inspektorat datang ke Bengkalis untuk memberikan pencerahan atau diskusi, dimana letak perbedaannya. Jadi ada beberapa item, yang pertama manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem managemen SDM, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan dan terakhir adalah peningkatan kwalitas pelayanan publik, masing masinh harus ada dokumen yang kita upload,"jelasnya.

Menurut Johny Custer, Polbeng harus mendapatkan minimal 40 poin dari penilaian awal yang dilakukan Kemendikbud Ristek untuk dapat di usulkan ke Kemen PAN RB, dan jika terpilih, nantinya akan mendapatkan perhatan khusus dalam bentuk sejumlah fasilitas.

"Minimal poinnya 40, nanti kemendikbud ristek akan akan mengusulkan ke Menpan RB, setelah itu dilakukan penilaian, baik dari dokumen yang kita upload maupun secara langsung datang ke Politeknik Negeri Bengkalis,"terangnya.

Ditegaskan Johny Custer, terlepas dari kegiatan penilaian yang akan dilakukan oleh Kemen PAN dan RB untuk kampus Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI WBK), pihaknya sejak awal telah menerapkan bebas dari KKN dan mengedepankan prinsip melayani dalam aktivitas sehari hari.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00