Baznas Gelar Tarhib Ramadhan 1442 H Dengan Menggelar Lomba Tahsinul dan Tahfidzul Qur'an

Baznal gelar lomba tahsinul dan Hafizul Qur
Asisten perekonomian dan pembangunan Heri Indra Putra serahkan Hadiah

KBRN, Bengkalis : Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1442 H ( Tarhib Ramadhan) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bengkalis menggelar lomba tahsinul dan tahfidzul Qur'an sejak Sabtu,27 Maret 2021 dan resmi ditutup Senin,29 Maret 2021 sore oleh Bupati Bengkalis yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Bengkalis, H.Heri Indra Putra.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Heri Indra Putra dalam sambutan tertulis bupati Bengkalis menyebutkan bahwa pemerintah daerah Kabupaten Bengkalis tentunya sangat mendukung serta mensuport program lomba tahsinul dan tahfidzul Qur'an.

"Mengingat kegiatan seperti ini kita berharap dapat memberikan semangat kepada anak-anak kita untuk ikut serta menjaga dan mendakwakan Al Qur'an melalui hafalan maupun memperbaiki bacaan mereka," Kata Heri Indra Putra dalam sambutannya.

Bupati berharap kedepan akan lahir generasi Qur'ani yang memiliki karakter akhlak Muttaqin yang selalu berpegang teguh pada Al Qur'an dan Hadist.

Sementara itu Ketua Baznas Ustad Ali Ambar  menyebutkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh santri baitul Qur'an binaan Baznas sebanyak 60 santri dan santriwati dan bertujuan untuk menanamkan kecintaan anak-anak terhadap Al Qur'an.

"Kita lakukan kegiatan ini untuk menanamkan kecintaan al Qur'an dan juga sekaligus kita mengevaluasi sejauh mana tingkat keberhasilannya selama di didik di Baznas," Kata Ali Ambar.

Ditambahkan Ali Ambar bahwa kegiatan ini bertemakan "Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan mari kita rangkul generasi muda untuk lebih meningkatkan kecintaan terhadap Al Qur'an".

Adapun pemenang dalam lomba tahfiz usia 4-6 tahun  adalah juara 1 Rafa Aska Putra, Juara 2 Marwan Syah Arrahsyid, juara 3 Muhammad Al Hafif, untuk kelompok usia 7-9 tahun juara 1 Faiza Adila Husna,juara 2 Resya Putri Anggraini dan juara 3 Zaki Mustofa, untuk kelompok umur 10-15 tahun juara 1 M.Ikhsan, juara 2 M.Zaaf Fadhlan Rabbani dan Juara 3 Muhibbul Askar.

Sementara untuk pemenang Tahsin adalah juara 1 Zairiki, juara 2 Rahmat Syahputra dan juara 3 Defra Asriyanda, harapan 1 M.Nova Al Habib, harapan 2 Maulida Alfa dan harapan 3 Perdi Budiman.

Selain itu Ali Ambar juga menyebutkan menjelang ramadhan ada beberapa kegiatan selain lomba tahsin dan tahfiz, pada 30 Maret akan digelar pelatihan peningkatan kapasitas mustahik, pendistribusian dan pendayagunaan zakat sebesar Rp228 juta pada 30 Maret 2021.

"Selain itu ada kelas binaan Islam kepada  mustahik, kemudian pada 7 April di Kecamatan Siak kecil dan Bukitbatu pembagian bantuan kepada anak yatim dan kaum dhuafa sebanyak 195 paket dan sekaligus bimbingan teknis (Bimtek) bagi amil se kecamatan Siak kecil," kata Ketua lagi.

Sementara untuk kegiatan selama Ramadhan ditambahkan Ali Ambar, ada Safari Ramadhan bersama pemerintah kabupaten, tausiah dari mesjid Agung Istiqomah selama 30 hari menjelang berbuka puasa yang disiarkan melalui Radio Republik Indonesia di FM 90,6 MHz.

"Kita juga gelar kuis ramadhan kerjasama Baznas, Polres Bengkalis dan RRI serta Radio Indra dan terakhir juga penyaluran zakat untuk Upz-upz,"kata Ketua Baznas lagi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00