Delapan Warga Myanmar 3 Jam Terombang Ambing di Perairan Rupat Utara, Saat ini Diinapkan di BLK

Delapan orang WNA asal Myanmar di BLK Bengkalis jalani proses penyidikan Imigrasi

KBRN, Bengkalis : Delapan orang warga negara asing (WNA) asal negara Myanmar ditemukan setelah 3 jam terombang ambing di laut hingga terdampar di  Perairan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bengkalis, Dimas Pramuditho mengatakan bahwa, terkait di temukannya PMI dan WNA Ilegal asal negara Myanmar tersebut tepatnya di Dusun Kuala Sinpur Desa Suka Damai Kecamatan Rupat utara Kabupaten Bengkalis.

Para WNA ini ditemukan pada, Selasa 2 Desember 2020 pukul 10:00 WIB kemarin, sesaat setelah WNA, PMI dan diduga tekong menumpang mandi di rumah warga bernama Atan.

"Kini para WNA dan PMI tersebut telah dievakuasi dan ditampung di Balai Latihan Kerja (BLK) Kecamatan Bengkalis, kini penyidikan dilanjutkan oleh pihak Imigrasi Kelas II TPI  Bengkalis dengan mengedepankan protokol kesehatan," ujar Dimas Pramuditho pada wartawan Jumat, (4/12/2020) siang.

Dikatakannya, berdasarkan pengakuan para PMI dan WNA tersebut terdampar berawal pada saat Selasa, 1 Desember 2020 malam, mereka menaiki Speedboat berangkat dari Pelabuhan Desa Selingsing Kota Dumai dengan tujuan Port Dickson Negara Malaysia.

"Namun, setelah 3 jam diperjalanan, karena cuaca buruk, ombak tinggi dan angin kencang hingga Speed Boat yang mereka tumpangi berputar-putar diseputaran Perairan Rupat Utara," terangnya.

Kemudian,  pada hari Rabu tanggal 2 Desember 2020 sekira Pkl 8.00 WIB, speed boat yang mereka tumpangi berhenti di Pantai Dusun Simpur Desa Sukadamai Kecamatan Rupat Utara sambil menunggu cuaca membaik dan akhirnya ditemukan dirumah salah satu warga.

"Harusnya dikarenakan cuaca buruk, Kapal  tersebut tidak melanjutkan perjalanan dan hingga akhirnya bersandar ke wilayah daratan Kecamatan Rupat Utara Kabupaten Bengkalis," sebutnya.

Kini ke delapan orang tersebut masih dilakukan penyidikan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00