Polres Bengkalis Gelar Operasi Patuh Lancang Kuning 2021, Ini Sasarannya

Apel pasukan gelar operasi patuh 2021 di halaman Mapolres Bengkalis

KBRN, Bengkalis : Dalam menjalankan program operasi patuh 2021, jajaran kepolisian republik Indonesia (Polri) RI menggelar apel pasukan di jajaran Polda dan Polres.

Seperti di Kabupaten Bengkalis apel pasukan dilaksanakan di halaman Mapolres Bengkalis yang dipimpin Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan yang diwakili wakil kepala kepolisian resor Kompol Aslely Farida Turnif, Senin, (20/9/2021).

Untuk Riau sandi operasi patuh Lancang kuning 2021 yang berlangsung dari 20 September sampai 3 Oktober 2021.

Wakapolres Kompol Aslely Farida Turnip,S.I.K, menyampaikan amanat tertulis yakni dimana Operasi ini yang bertujuan memberikan edukasi Protokol kesehatan (prokes) dan tertib berlalu lintas kepada masyarakat secara simpatik dan humanis. 

"Kita diharapkan untuk mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (Kamseltibcarlantas),"katanya.

Meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, membangun budaya tertib berlalu lintas, dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Keselamatan dalam berlalu lintas sebutnya memang sering diabaikan bahkan tidak dianggap penting. Hal itu  dapat ditunjukkan dari political will pengguna lalu lintas. Kesadaran pengguna lalu lintas, baik pejalan kaki, pengendara kendaraan bermotor, maupun pengguna jalan lainnya yang masih rendah.

Waka mengharapkan Operasi Patuh Lancang Kuning Tahun 2021 Ini dapat menekan jumlah korban fatalitas dan meminimalisir kemacetan lalu lintas serta terwujudnya kamseltibcarlantas yang mantap. Salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan.

"Keselamatan memang sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalu lintas. Dalam konteks ini, lalu lintas dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernitas,"kata Kompol Farida Turnif.

Adapun sasaran prioritas operasi patuh lancang kuning 2021 yakni pelanggar protokol kesahatan, penggunaan helm SNI, menggunakan handphone saat mengemudi, pengemudi kendaraan bermotor dalam pengaruh alkhohol, pengemudi dibawah umur, mengemudi kendaraan melebihi batas kecepatan, tidak menggunakan sabuk pengamanan/safety belt, dan penggunaan lampu rotator/strobo.

Apel gelar pasukan itu dihadiri Pleton Kodim 0303 Bengkalis, Pleton Personil Polres Bengkalis, Pleton Satpol PP Bengkalis Serta Pleton Dishub Bengkalis.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00