Berantas Premanisme,Tim Khusus Polres Bengkalis Lakukan Patroli

Kapolres AKBP Hendra Gunawan

KBRN, Bengkalis : Sejalan dengan perintah Kapolri bahwa saat ini Polri fokus terhadap praktek pemberantasan premanisme di Masyarakat.

Perintah Kapolri ini berdasarkan intruksi presiden republik Indonesia Joko Widodo,karena presiden sempat berada di tanjung priok dan berdialog dengan para supir kontainer saat berada di pelabuhan dan  ternyata ada keresahan yang disampaikan, Kata Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan saat di konfirmasi RRI,Selasa,(15/6/2021).

Keluhan para sopir kontainer tersebut dikatakan Kapolres adalah soal pungutan liar, ketika itu lah presiden langsung menghubungi Kapolri untuk menanggapi keluhan tersebut.

Kapolres AKBP Hendra Gunawan juga menyebutkan untuk menindak lanjuti perintah tersebut khusus diwilayah hukum polres Bengkalis sudah dilaksanakan untuk tahap awal ini jajaran polres juga sudah membentuk tim khusus untuk melakukan penyelidikan.

"Pada prinsipnya kita dari polres Bengkalis akan sukseskan hal ini untuk memberantas premanisme khususnya di wilayah lintas kecamatan Pinggir dan Mandau karena wilayah tersebut daerah lintasan yang rawan terjadi pungli," kata Kapolres AKBP Hendra Gunawan.

Sampai saat ini masih dilakukan penyelidikan terhadap 1 orang yang diduga melakukan pungli, namun masih dalam penyelidikan.

"Yang kita amankan ini modusnya menggunakan air mineral 1,5 liter supir yang melintas harus dibayar seharga sepuluh ribu untuk air tersebut" terang Kapolres Bengkalis.

Satu orang ini masih tengah dilakukan lidik mendalam oleh petugas Polres Bengkalis. Dengan mengumpulkan sejumlah barang bukti dan saksi saksi.

"Karena terkait penanganan ini kita masih minim bukti dan saksi juga minim, supir supir juga susah untuk memberikan keterangan karena alasan keselamatan mereka," terang Kapolres.

Untuk sanksi nantinya akan diberikan sesuai dengan tidakan yang dilakukan premen. "Kalau yang terbukti masih kecil kecil akan kita lakukan pembinaan namun jika sudah besar akan kita lakukan penegakan hukum," terangnya.

Kegiatan operasi premanisme dan Pungli juga sedang dilakukan lidik di tranportasi laut, seperti pelabuhan, ninja ninja sawit dibeberapa titik yang dianggap rawan. Untuk penertiban premanisme yang sudah dilakukan pihak Kepolsian Bengkalis. 

.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00