Karhutla Masih Terjadi, Ini Data Pusdatin PB BPBD Kabupaten Bengkalis

Tim gabungan berjibaku padamkan Karhutla

KBRN, Bengkalis : Kebakaran Hutan dan Lahan masih terjadi di beberapa Kecamatan dalam Kabupaten Bengkalis sampai Jum'at, 26 Februari 2021.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis Tajul Mudaris menyebutkan bahwa sampai Jum'at kemarin keadaan cuaca cerah berawan, untuk itu ada beberapa daerah yang mendapat peringatan dini Firespot, seperti Dungun Baru, Penebal,Tanjung Punak dan Buluh Apo.

"Selain ada peringatan dini sejak Jum'at  masih terdapat karhutla di Kecamatan Rupat yang sudah memasuki hari ke 6 yang terbakar adalah lahan semak belukar dan penyebab masih dalam penyidikan,"kata Tajul Mudaris,Sabtu,(27/2/2021).

Kebakaran yang terjadi berlokasi di Jalan Permai, Dusun III  RT 08 / RW 03 Desa Dungun Baru Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis, dengan luas lahan terbakar sudah mencapai 6 Hektar, karena kondisi lapangan panas dan disertai angin kencang nembuat petugas sulit melakukan pemadaman.

"Kita secara bersama melakukan pemadaman dengan peralatan yang di bawa BPBD, kita dari BPBD secara bersama-sama dengan TNI, Polri, Damkar, MPA Pemdes dan Masyarakat melakukan Pemadaman dan pendinginan,"kata Tajul lagi.

Selain di Kecamatan Rupat karhutla juga terjadi di Kecamatan Bengkalis, lahan yang terbakar sampai hari ketiga Jumat petang adalah lahan kebun karet dan semak belukar milik masyarakat sudah meluas hingga 3 hektar lokasi kejadian di Jalan Subrantas RT/RW 08/02 Desa Penebal Kecamatan Bengkalis.

Karhutla juga terjadi di Kecamatan Rupat Utara yang terbakar  adalah perkebunan karet masyarakat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00