Kado Manis Untuk 24 Desa Mandiri di Kabupaten Bengkalis

KBRN, Bengkalis: 24 Desa Mandiri di Kabupaten Bengkalis mendapat reward dari Pemerintah Kabupaten dan Pusat.

Berdasarkan indeks desa membangun, Pemerintah Kabupaten Bengkalis berhasil meningkatkan status 136 desa. Terdapat 24 Desa Mandiri dan mampu menghilangkan Desa Tertinggal serta Sangat Tertinggal. Sisanya desa berkembang 68 desa, desa maju 44 desa.

Hal tersebut diungkapkan Yuhelmi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bengkalis usai menyaksikan meresmikan dan pengucapan sumpah janji serta memberikan pembekalan kepada 108 Badan Permusyaratan Desa (BPD) Kecamatan Bengkalis di Kantor camat Bengkalis, (22/2).

Dijelaskan Yuhelmi perubahan status desa merupakan hasil penilaian yang dilakukan setiap tahun dan ditetapkan oleh Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dalam indek desa. 

10 dari 24 desa Mandiri di Kabupaten Bengkalis terdapat di kecamatan Bengkalis. Merupakan kecamatan yang memiliki paling banyak Desa Mandiri.

“Indek Desa Membangun Kabupaten Bengkalis dari 24 Desa Mandiri 10 diantaranya berada di kecamatan Bengkalis, adapun 10 desa di Kecamatan Bengkalis yang di kategorikan desa mandiri yakni desa Meskom, desa Teluk Latak, desa Sebauk, desa Pangkalan Batang, desa Damai, desa Kelapa Pati, Wonosari, Senggoro, desa Air Putih dan desa Pangkalan Batang Barat,”jelas Yuhelmi

Yuhelmi mengatakan Pemerintah Kabupaten dan pusat memberikan reward kepada semua desa yang telah berstatus mendiri berupa penambahan dana 50 juta. Sementara reward dari pusat berupa proses pencairan Dana Desa (DD) yang dilakukan menjadi dua tahap saja 60 persen dan 60 persen mulai tahun 2021.

“Semua Desa Mandiri pada tahun 2021 ini kita memberikan reward berupa tambahan dana sekitar 50 juta Rupiah dan Pemerintah Pusat memberikan reward dalam bentuk penyaluran tahapan Dana Desa yang semula 3 tahap menjadi 2 tahap yakni 60 persen tahap pertama dan 40 persen tahap kedua,”ungkap Yuhelmi. 

Yuhelmi berharap dengan perubahan tersebut akan banyak lagi desa di Kabupaten Bengkalis berubah status menjadi Mandiri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00