Penderita Kanker Pada Anak Terus Meningkat Setiap Tahunnya

KBRN, Bengkalis: Angka penderita kanker usia 0 - 14 tahun di Indonesia setiap tahunnya mencapai 16.291. Untuk mengantisipasinya budaya hidup bersih dan sehat perlu diterapkan sejak dini.

Hal tersebut diungkapkan Restia Aumalia Husna Pengurus Forum Anak (Fanbeng) Kabupaten Bengkalis kepada RRI (22/2), usai melaksanakan sosialisasi pola hidup bersih dan sehat dalam rangka hidup bersih dan sehat dalam rangka memperingati hari kanker anak sedunia yang jatuh pada 15 februari 2021. 

Restia Aumalia Husna pemateri dalam kegiatan tersebut menjelaskan untuk menyebarluaskan informasi dan mengajak menerapkan hidup sehat mencegah timbulnya berbagai penyakit, dapat diapikasikan dimana dan kapan saja. Seperti yang ia lakukan bersama pengurus Fanbeng. Merangkul anak yang sedang beraktivitas di GOR Perkasa Alam Sport Hall Bengkalis.

“Ditahun 2013 ada sekitar 16.291 anak yang mengidap penyakit kanker dan lebih menyayat hati lagi 50 persen diantaranya diketahui setelah stadium ahir. Setiap tahun peningkatan anak penderita kanker itu semakin meningkat tajam. Jadi kegiatan kami ini adalah buah dari keprihatinan kami sebagai anak Indonesia yang ingin memiliki masa depan cerah dan gemilang tapi kami harus melihat teman-teman kami dibawah 14 tahun harus mengidap penyakit seganas itu. Nah untuk kegiatan sosialisasi kami kemarin pesertanya ada sekitar 20 anak yang sedang bermain dilingkungan GOR yang kami ajak untuk sharing tentang bagaiman prilaku pola hidup bersih dan sehat,”jelas Restia.

Sementara itu menurut Kepala Perlindungan Anak dan Hak Anak Dinas P3A Bengkalis Wasiah yang juga menjabat sebagai pembina Forum Anak Kabupaten Bengkalis mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan forum Anak Bengkalis yang berupaya membantu pemerintah menekan angka penderita kanker di daerah ini.

“Semangat dan kesadaran anak anak ini tentu tidak lepas dari peranserta semua pihak, dan kami senantiasa mengapresiasi dan mendukunh semua kegiatan positig ini,"jelas Wasiah

4 program kerja prioritas Forum Anak Bengkalis tahun 2021 yang pertama sebagai 2P Pelopor dan Pelapor, kedua pengenalan hak anak dan Forum Anak Kabupaten Bengkalis. Selanjutnya kampanye serentak stop pernikahan pada anak daan yang terahir aksi bulanan yang dilaksanakan di Forum Anak sekecamatan Kabupaten Bengkalis.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00