Realisasi Anggaran 2020 Terealisasi Hampir 100 Persen, Meski Suasasa Covid-19

Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkalis H.Bustami, HY

KBRN, Bengkalis : Realisiasi penggunaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Bengkalis tahun 2020 cukup baik, bahkan lebih besar dari tahun sebelumnya.  Hal ini diungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkalis Bustami HY, pada kamis,(14/1/2021) saat berbincang dengan RRI.

Menurut Bustami, dari penetapan APBD Perubahan 2020 lalu APBD Perubahan Bengkalis sebesar 3,159 triliun rupiah, hingga berakhirnya tahun 2020 berhasil direalisasikan sebesar 2,987 triliun rupiah.  

Realisasi ini terdiri dari realiasi 2.631 kegiatan fisik terealisasi sebanyak 98 persen. Kemudian keuangan sebesar 94 persen

"Kita bersyukur dalam kedaan sulit kemarin kita dapat merealisasikan penggunaan APBD diatas 90 persen. Bahkan lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya,"kata Bustami.

Menurut Sekda, dengan maksimalnya realiasi APBD ini,  tidak terjadi tunda bayar pada kegiatan tahun 2020 ini. Memang awalnya ada ke khawatiran banyak pihak, sejumlah kegiatan tidak selesai di waktu berjalan.

"Bahkan banyak yang meminta tambahan waktu ditahun berjalan untuk menyelesaikan kegiatan. Namun kami berkeinginan kegiatan yang kita programkan 2020 tetap selesai diakhir tahun.  Alhamdulillah ke khawatiran sejumlah pihak ini tidak terbukti dan ternyata bisa diselsaikan dengan waktu yang ada," Katanya. 

Sementara itu untuk pelaksanaan APBD Bengkalis 2021 ini, Sekda menjelaskan saat ini pihaknya bersama SOPD yang ada telah melakukan persiapan administrasi. Sehingga penggunaan anggaran bisa segera direalisasikan. 

"Besok kita (Hari ini-red) sudah jadwalkan penyerahan Dokumen pelaksanaan anggaran (DPA). Sekaligus akan dilakukan penandatangan Pakta integritas dan kontrak kerja," terangnya. 

Dengan persiapan yang dilakukan, kita harapkan administrasi ini bisa diselesaikan di Bulan Januari ini. Sehingga kegiatan bisa berjalan pada awal Februari.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00