281 Anggota BPD se Kabupaten Bengkalis Diremajakan

KBRN Bengkalis: 35 Anggota Badan Permusyawaratan dan Desa (BPD) di kawasan Gerbang Pesisir meliputi kecamatan Rupat dan Rupat Utara, senin 21 September 2020 dilantik.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bengkalis Yuhelmi kepada RRI pagi tadi.

“Pemerintah Kabuaten Bengkalis melakukan peresmian terhadap BPD terpilih di Gerbang Pesisir yakni kecamatan Rupat dan Rupat Utara berjumlah 35 orang. Pada kesempatan itu Plh Bupati Bengkalis yang diwakili Asisten 3 langsung mengambil sumpah anggota BPD”kata Yuhelmi.

Dijelaskan Yuhelmi, usai acara pelantikan yang dipusatkan di Batu Panjang, diilanjutkan dengan pembekalan tentang regulasi yang mengatur tata cara pelaksanaan dan mekanisme pemerintahan desa.

“Melakukan pembekalan terhadap 35 anggota BPD, karena mereka ini sebagian besar hampir 80 persen adalah BPD yang baru, kami mengajak anggota BPD daapat mempelajari undang-undang n0.6 tahun 2014 tentang desa. Peraturan Menteri dalam negeri no.110dan Peraturan Daerah no.9 tahun 2018”jelas Yuhelmi.

Menurut Yuhelmi, Pemerintah Bengkalis saat ini telah dan akan melakukan peremajaan BPD di seluruh desa pemekaran dan yang telah habis masa jabatannya, dengan jumlah keseluruhan mencapai 281 orang, pelantikan dipusatkan dengan pembagian di Gerbang Utama, Laksamana, Pesisir dan Gerbang Permata.

“Kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Bengkalis dalam rangka memenuhi keberadaan BPD di desa yang sudah habis masa jabatannya 23 September 2020, maka kita meresmikan BPD yang jumlahnya mencapai ratusan ini melalui 4 gerbang, yakni Gerbang Utama yakni kecamatan Bengkalis dan Bantan lebih kurang 172 orang yang kita lantik di kantor camat Bengkalis pada 17 September”terang Yuhelmi. 

Sementara itu, untuk hari ini akan berlangsung pelantikan Badan Pemusyawaratan Desa  di Gerbang Permata, meliputi kecamatan Talang Muandau, Pinggir, Mandau dan kecamatan Bathin Solapan.

Yuhelmi berharap, peremajaan anggota BPD se Kabupaten Bengkalis ini dapat meng sinergikan pemerintahan desa, guna memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat setempat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00