Baznas Bengkalis Kembali Salurkan Zakat Untuk Usaha Produktif

KBRN Bengkalis: Ungkapan kondisi ekonomi dan pekerjaan yang digeluti serta rasa syukur  disampaikan Ibu Yati dan bapak Armizan, dua dari sekian banyak penerima zakat usaha produktif,  yang disalurkan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bengkalis Kamis pagi (6/8/2020).

Dijelakan Ketua Baznas Bengkalis Ali Ambar kepada RRI, penyaluran zakat usaha produktif ini, diperuntukkan untuk kelompok tani, penjahit dan peternak serta pelaku ekonomi menengah ke bawah.

“Hari ini berjumlah Rp.19.610.000,- (Sembilan belas juta enam ratus sepuluh ribu rupiah) itu untuk usaha produktif semuanya dibidang ekonomi seperti tadi ada mesin jahit kursi meja untuk berjualan di Andam dewi, kemudian ada juga kelompok Pemuda Bisa kelompok tani semangka, ada juga untuk kandang ternak ayam”kata Ali Ambar.

Hingga hari ini, Baznas Bengkalis telah menyalurkan zakat untuk kalangan dhuafa, pelajar dan usaha produktif sebesar 1 milyar rupiah lebih.

Ditambahkan Ali Ambar, pada September mendatang akan melaksanakan khitanan massal di sejumlah kecamatan, bekerja sama dengan Kepolisian Resort Bengkalis.

“Khitan massal ini bekerja sama dengan Polres. Untuk semalam tanggal 5 Agustus bertepatan di desa Batang Duku membantu khitan muallaf di desa Batang Duku dan juga membantu hak hak muallaf. Sebelumnya Khitan massal kita ada acara kelas binaan khusus untuk muallaf dan relawan Baznas dalam capacity Building”jelasnya.

Sementara itu ditempat yang sama usai menyaksikan penyerahan zakat, Kabag Kesra Setdakab Bengkalis H.Hambali menghimbau jajaran Aparat Sipil Negara (ASN) untuk membayar zakat infaq dan sadaqah, sesuai dengan Peraturan Daerah.

“Zakat profesi itu ada beberapa kategori,tapi yang kita khususkan bagi ASN di Kabupaten Bengkalis dan kita menghimbau beberapa OPD bedasarkan peraturan daerah nomor 3 tahun 2018 tentang tata cara pengelolaan zakat infaq dan sadaqah diperkuat dengan Peraturan Bupati nomor 2 tahun 2020, insyaallah di beberapa OPD kita perangkat daerah dan beberapa ASN didalamnya telah menyerahkan juga zakat profesi langsung kepada Baznas melalui UPZ masing masing”terang Hambali.

Pemerintah Kabupaten Bengkalis akan menginstruksikan pembayaran zakat profesi, infaq dan sadaqah dari masing masing OPD, langsung ke BAZNAS, sehingga terkoordinir dan memudahkan dalam penyaluran untuk Mustahik.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00