MUI Bengkalis Keluarkan Imbauan,Hasil Audiensi dengan IMKKM-B

Ketua MUI Kabupaten Bengkalis H.Amrizal

KBRN, Bengkalis : Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bengkalis keluarkan imbauan yang ditujukan untuk usaha gelanggang Permainan (gelper), pemilik hotel/penginapan dan hiburan malam.

Ketua MUI Bengkalis Amrizal terbitnya imbauan tersebut karena adanya aspirasi yang pernah disampaikan oleh Ikatan Mahasiswa Kabupaten Kepulauan Meranti-Bengkalis (IMKKM-B) yang di koordinir Muhammad Arief Al-Arkhan pada 30 Juni 2020.

Kehadiran IMKKM-B di kantor MUI untuk beraudensi ke MUI Kabupaten Bengkalis dan pada 8 juli Majlis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bengkalis mengeluarkan imbauan. 

Dikatakan Amrizal Imbauan yang telah dikeluarkan ditujukan pada pemilik tempat gelanggang permainan (gelper), hotel/penginapan dan tempat hiburan malam.

"Menyikapi fenomena yang terjadi akhir-akhir ini di Bengkalis seperti penggerebekan salah satugelamggang pemainan di Kecamatan Bengkalis oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Riau dan juga kasus tewasnya perempuan remaja di kamar salah satu hotel diBengkalis pada bulan saci Ramadhan 1441 H serta adanya informasi dari kalangan masyarakat yang disampaikan oleh sejumlah mahasiswa kepada MUIKabupaten Bengkalis tentang adanya indikasi penyalahgunaan izin operasional sebagian tempat hiburan malam," kata Ketua MUI Amrizal, Rabu, (8/7/2020).

Imbauan MUI yang telah dikeluarkan  tersebut adalah sebagai berikut : 

1. Pemilik usaha gelanggang permainan (gelper), hotel penginapan dan tempat-tempat hiburanmalam yang ada di Kabupaten Bengkalis agar senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai moral keagamaan dan adat istiadat Melayu dalam menjalankan usahanya agar marwah Kabupaten Bengkalis sebagai negeri beradab yang dibangun atas dasar nilai-nilai kemelayuan dan keislaman senantiasa terjaga.

2. Pemerintah, aparat keamanan dan penegak hukum serta pihak- pihak terkait lainnya diharapkansenantiasa melakukan pemantauan dan pengawasan secara berkala dan periodik terhadap gelanggang pemainan (gelper), hotel penginapan dan tempat-tempat hiburan malam yang ada di Kabupaben Bengkalis. Apabila didapati adanya indikasi yang menyalahgunakan izin operasional yang telah diberikan agar dapat ditindak tegas menurut ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

3.  Seluruh masyarakat diharapkan dapat ikut berpartisipasi mengawasi kegiatan usaha gelanggangpermainan (gelper), hotel penginapan dan tempat-tempat hiburan malam yang ada di Kabupaten Bengkalis.

Apabila ditemukan adanya indikasi melakukan praktek-praktek yang menyalahi adat istiadat dan nilai-nilai moral keagamaan, agar melaporkan kepada pihak-pihak yang berwenang baik secara lisan maupun tulisan.

Sementara itu Muhammad Arif Al Arkhan bahwa IMKKM-B akan menjadi salah satu Garda terdepan mengawal imbauan MUI Kabupaten Bengkalis,terkait Gelper, penginapan/hotel dan Hiburan malam yang diindikasikan tidak sesuai peruntukan dan perizinanya.

"Oleh itu tahapan awal, kami bersama beberapa pemuda Bengkalis dan mahasiswa Bengkalis akan menyebarkan brosur dan menempelkan imbauan imbauan MUI Kabupaten Bengkalis ini,"kata Muhammad Arif Al Arkhan yang disampaikan melalui MUI Bengkalis.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00