Ditemukan Titik Api di Kecamatan Rupat, Petugas Berjibaku Padamkan Api

Lokasi karhutla di Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis

KBRN, Bengkalis : Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis Tajul Mudaris menyebutkan bahwa di Kabupaten Bengkalis pada Rabu,1 Juli 2020 terdapat titik api kebakaran hutan dan lahan HPT semak belukar perbatasan PT.SRL dan  PT. Priatama di Desa Tanjung Kapal, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis,Riau.

Pemadaman oleh tim BPBD,TNI,Polri,PT.Priatama dan PT.SRL masih melakukan pemadaman,sementara di lokasi angin kencang serta cuaca panas dan jauh dari pemukiman.

Tajul Mudaris menyebutkan kebakaran yang terjadi sejak kemaren sudah membakar lebih kurang 2 hektar lahan, dan titik api jauh ditengah hutan dan sulit di jangkau dengan jalan darat.

"Kemarin petugas kita belum bisa melakukan pemadaman karena titik apinya jauh di tengah hutan dan kita baru bisa mendapatkan titik koordinatnya dan hari ini baru dilakukan pemadaman,"kata Tajul Mudaris Kepala BPBD Bengkalis,Kamis,(2/7/2020).

Ditambahkan Tajul sampai hari ini baru tercatat satu titik api, dari beberapa bulan ini tidak ada karhutla, sebenarnya ini yang dikawatirkan terjadi "Dengan adanya covid-19 ini kita berharap tidak terjadinya karhutla,tapi nyatanya semalam muncul titik hot spot dan titik api di Kecamatan Rupat,"kata Tajul lagi.

Terkait kesiapan tim pemadam kita tetap siap karena setiap kecamatan sudah punya tim pemadam kebakaran tapi tetap bekerjasama dengan TNI-Polri, masyarakat peduli api (MPA) dan perusahaan yang ada di daerah.

"Selain itu kita juga usaha pencegahan dilakukan dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar,kita imbau untuk tidak membakar lahan didaerahnya,"pungkas Tajul Mudaris.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00