Balitbang Umumkan Pemenang Lomba Penelitian dan Pengembangan Tingkat SMA Sederajat

KBRN, Bengkalis : Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Bengkalis telah mengumumkan sang juara pada kegiatan Lomba Penelitian dan Pengembangan tingkat SMA Sederajat se Kabupaten Bengkalis.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bidang Sosial dan Pemerintahan Balitbang Bengkalis ini mulai dilaksanakan sejak bulan April hingga berakhir pada bulan Nopember 2019 dengan berbagai tahapan.

Sedangkan untuk penelitian di mulai sejak bulan Agustus hingga Oktober 2019, awalnya diikuti oleh 14 tim dari SMA sederajat, se-Kabupaten Bengkalis. Setelah melalui proses seleksi oleh dewan juri, 5 nominator yang lolos  melaksanakan penelitian selama 3 bulan. 

Berdasarkan hasil penilaian saat presentasi akhir dewan juri Anshori Wibowo, Tengku Khairuddin, Eva Novasari dan Johan Andriesgo, sesuai dengan kriteria penilaian, Peneliti Terbaik I diraih oleh utusan SMAN 5 Pinggir, Ketua Tim Pelippe Aprianto, judul "pembuatan sabun, menggunakan ekstrak kulit pisang dengan aroma terapi bunga melati", anggota tim, Bijujent Hutabarat, Armayadha Sihombing, Windi Gres Simbolon dan Tiara Safitri.

Terbaik II diraih utusan SMKN 3 Mandau, Ketua Tim, Andi Syahputra, judul penelitian "pembuatan sabun kecantikan dari minyak kelapa dengan ekstrak lidah buaya", anggota tim Ade Meliani Saputri, dan Lia Andriyani.

Dan pada peringkat ketiga diraih oleh utusan dari SMKN 1 Rupat, dengan judul penelitian "pemanfaatan pupuk organik cair-embio (POC-EMBIO) untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman bawang merah pada lahan gambut di Kecamatan Rupat". Ketua Tim Nur Hasiah dan anggota tim, Junaidi.

"Melalui penyelenggaraan penelitian dan pengembangan SMA sederajat tahun 2019 ini, sebagai upaya mewujudkan hasil karya yang inovasi, kreatif dan mengembangkan potensi yang ada di daerah," ungkap Kepala Bidang (Kabid) Sosial dan Pemerintahan Dian Rachmadhany melalui Kasubid Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pengkajian Peraturan Balitbang Kabupaten Bengkalis, Cahayawati, disela-sela kegiatan pengumuman pemenang di Halaman Kantor Balitbang Bengkalis, Jalan Pertanian, Kamis (21/11/2019).

Ditambahkan Cahayawati, juga sebagai Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), peserta sebelumnya mengikuti pelaksanaan bertahap mulai dari pengajuan dan penerimaan proposal, kemudian seleksi tahap pertama proposal penelitian, pengumuman hasil tahap satu, seleksi awal dan rapat technikal, pelaksanaan pengentrian, penelitian pemenang tahap satu, kemudian melakukan persentasi dan peragaan, selanjutnya pengumuman seleksi akhir. 

Penyerahan penghargaan kepada pemenang secara simbolis dilakukan oleh Asisten Setda Bengkalis, H. T. Zainuddin, didampingi Kepala Balitbang Kabupaten Bengkalis, Emri Juliharmis diwakili Sekretaris H. Dahen Tawakal dan Sekretaris Balitbang Provinsi Riau T. Ikhsan dan disaksikan sejumlah undangan yang hadir.

Para pemenang lomba penelitian tingkat sekolah Kabupaten Bengkalis 2019 berhak menerima uang pembinaan, terbaik pertama Rp10 juta, terbaik kedua Rp8 juta dan terbaik ketiga Rp6 juta.

Selain kegiatan penyerahan hadiah kepada para pemenang, juga dibuka pelaksanaan pameran atau peragaan hasil penelitian di tempat yang sama dan ditambah pendampingan dari Politeknik Negeri Bengkalis, Dinas Kelautan dan Perikanan serta dari ibu-ibu lainnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00