Ajak Pemuda Sulap Perkarangan Rumah Menjadi Budidaya Ikan Nila dan Koi

Kolam ikan nila dan koi Kelapapati

KBRN, Bengkalis: Lahan perkarangan belakang rumah salah satu warga di Desa Kelapapati, Kecamatan Bengkalis disulap menjadi 6 kolam ikan yang berukuran sekitar 7x 5 meter, dan sudah ditabur sebanyak 8.000 benih ikan.

Arif Pemuda di desa tersebut yang juga pemilik lahan bersama 3 orang rekannya menikmati rutinitas setiap hari mengurusi budidaya ikan seperti memeriksa oksigen dan air serta bibit juga pakan ikan.

Lokasi kolam ikan ini benar-benar terawat dan tampak sangat bersih. Arif menjelaskan bagi warga yang berminat budidaya serupa, air merupakan hal utama yang harus diperhatikan.

“Senang kami sekarang aktif ngutus kolam ini, sangat bermanfaat mengisi waktu luang kami. Walaupun kami tidak ahli dalam bidang ini namun dengan petunjuk dari tim ahli, lama-lama kami paham dan menguasainya”, ungkapnya.

Arif menjelaskan dengan bantuan oksigen pertumbuhan ikan akan lebih cepat besar, dalam waktu 4 bulan ikan sudah bisa di panen.

Bengkalis merupakan salah satu daerah yang sesui untuk budidaya ikan nila dan koi. Baik secra modern maupun tradision al.

“Bagi masyrakat yang ingin membuat budidaya ikan nila  jangan ragu-ragu, karena perawatannya cukup mudah”, jelasnya.

Sementara itu Yuhelmi penggagas budidaya ikan mengatakan dengan adanya kegiatan tersebut para pemuda menjadi produktif meskipun hanya melibatkan segeintir pemuda, namun ia yakin akan memotivasi pemuda lainnya.

“Kita sengaja melibatkan anak-anak muda disini, Semoga dengan adanya kolam budidaya ikan nila dan koi ini dapat menggerakkan minat dan kreativitas pemuda di daerah ini”, harapnya.

Menurutnya kebutuhan ikan nila di pulau Bengkalis dalam satu bulan mencapai 3 ton. Sementara baru terpenuhi sekitar 300 kilogram.

“Walaupun masih terbilang baru, namun kita berharap akan terus berkembang. Insya Allah kedepannya kita akan bikin pembibitan dan pakan ikan”, ujarnya.

Selama ini untuk mencukupi kekurangan ikan nila di Bengkalis masih didatangkan dari luar daerah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar