Menparekraf Sandiaga Uno Apresiasi Desa Tua Di Kabupaten Bengkalis lolos Desa Wisata Terbaik Nasional

KBRN. Bengkalis: Desa Wisata Bukit Batu satu-satunya desa di Kabupaten Bengkalis yang lolos kurasi 100 Desa Wisata Terbaik Nasional. 

Anugerah tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno pada ajang Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. 

"Selamat saya ucapkan kepada 100 besar Desa Wisata Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022. Jadikan pencapaian ini sebagai motivasi untuk terus tetap mengembangkan desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan untuk Indonesia bangkit," kata Sandiaga Uno dalam keterangan resmi di kanal YouTube Jadesta, Sabtu (23/4/2022) malam. 

Desa Wisata Bukit Batu bersaing ketat dengan 3.419 desa wisata di Indonesia. Untuk Provinsi Riau terdapat 3 Desa Wisata selain Bukit Batu, juga terdapat ada Desa Wisata Dayun Kabupaten Siak dan Desa Wisata Bangko Mukti, Kabupaten Rokan Hilir yang lolos 100 besar nasional. 

Kurasi ADWI 2022 melibatkan kurator yang dibentuk oleh Kemenparekraf. Penilaian berdasarkan 7 kategori penilaian klasifikasi desa wisata dan kelengkapan data melalui laman Jadesta.

Adapun kategori penilaiannya yaitu, Daya Tarik Pengunjung, Homestay, Digital dan Kreatif, Souvenir, Toilet Umum, CHSE, dan Kelembagaan Desa. 

Menparekraf Sandiaga menjelaskan, Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 merupakan salah satu program unggulan dari kemenparekraf. 

“Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan desa wisata yang berkelas dunia berdaya, saing global, dan berkelanjutan untuk Indonesia Bangkit”harapnya. 

Sementara itu Kepala Desa Bukit Batu, Mahendra, MM, mengatakan Bukit Batu merupakan desa tua yang sudah ada sejak zaman Datuk Laksaman Raja di Laut.

Masuknya Bukit Batu 100 terbaik membuat ia bangga dan mengucapkan terima kasih kepada Relawan Wisata Bukit Batu, Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis yang selalu mendukung Desa Wisata Bukit Batu. 

Harapannya bisa menjadi  motivasi Pemerintah Desa serta masyarakat untuk terus tumbuh dan berkembang menjadi Desa Wisata yang dikenal di Nusantara.

"Alhamdulillah, Desa Wisata Bukit Batu masuk 100 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Harapan menjadi lebih baik kedepannya, sehingga pariwisata di Bengkalis khususnya Bukit Batu bisa semakin dikenal di tingkat nasional. Target tahun depan kita masuk 50 besar ADWI," kata Mahendra. (24/5/2022). 

Desa Wisata Bukit Batu telah memiliki objek Wisata yang lengkap. Di antaranya adalah Dusun Bukit Batu Laut, Rumah Orang Kaya Raja Negara, Rumah dan Makam Datuk Laksamana Raja di Laut, Ekowisata Mangrove dan Wisata Kuliner Khas Melayu. 

Juwandi MH, Ketua Relawan Wisata Bukit Batu menjelaskan Relawan Wisata Bukit Batu merupakan anak anak muda progresif yang bergerak memajukan pariwisata desanya. 

"Wisata Bukit Batu sudah ada sejak lama, selama ini belum digarap dengan maksimal, diharapkan melalui Relawan Wisata Bukit Batu yang inovatif dan kreatif dapat menjadikan wajah baru Wisata Bukit Batu yang kekinian dengan konsep "Revive Culture, Living Together". Tutup Juwandi.

Camat Bukit Batu, Acil Esyno, SSTP, M.Si, menjelaskan Desa Wisata Bukit Batu telah memberikan prestasi yang sangat baik untuk Kabupaten Bengkalis bahkan Provinsi Riau.   

Usaha yang dilakukan semua pihak di daerah ini telah membuahkan hasil,  Desa Wisata Bukit Batu masuk 100 deretan Desa Wisata terbaik nasional. 

"Tahniah Desa Wisata Bukit Batu, kami Pemerintah Kec Bukit Batu memberikan apresiasi setinggi-tingginya dan akan membantu mengembangkan Desa Wisata Bukit Batu kedepannya. Harapannya seluruh stakeholder mendukung Desa Wisata Bukit Batu dalam mewujudkan program program pariwisatanya melalui Relawan Wisata Bukit Batu". Tutup Acil.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar