"Sidesa" Aplikasi Dana Bermasa 1 Miliar 1 Desa Resmi Dilaunching

KBRN, Bengkalis: Bupati Bengkalis Kasmarni melaunching Aplikasi Bantuan Keuangan Khusus untuk Program Desa Bermasa pada Pemerintahan Desa (BKK) 1 Miliar 1 Desa, di kampus Politeknik Negeri Bengkalis, Rabu (18/5/2022). 

Bupati mengingatkan kepada semua aparat desa untuk  menggunakan dana 1 Miliar 1 Desa yang akan segera disalurkan sesuai dengan aturan. 

Aplikasi yang dilaunching merupakan terobosan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Bengkalis bekerja sama dengan Politeknik Negeri Bengkalis.

"Apresiasi dan dukungan kepada Dinas PMD Bengkalis dan Politeknik Bengkalis yang telah memberikan inovasi, ide, gagasannya untuk mensukseskan program Desa Bermasa sebagai salah satu program unggulan Pemda Bengkalis"ungkapnya. 

Sementara itu Kepala Dinas PMD Bengkalis Yuhelmi menjelaskan Aplikasi BKK dibuat untuk memudahkan Pemerintah Desa mengurus administrasi Dana Bermasa.

"Dengan di launchingnya Aplikasi Bantuan Keuangan Khusus ini untuk membantu transparansi para perangkat desa  menggunakan Dana Bermasa 1 Miliar 1 Desa",jelasnya.

Menurutnya Aplikasi ini dinilai cukup baik, efektif, efisien, transparansi dan yang paling penting adalah sebagai kontrol  serta evaluasi dan monitoring untuk melihat penggunaan Dana Bermasa.

Direktur Polbeng Johny Custer dalam kata sambutannya menyampaikan Aplikasi yang dilaunching merupakan bagian dari Program Kampus Merdeka Belajar. 

Aplikasi ini murni dikerjakan oleh dosen dan mahasiswa khususnya di Jurusan Teknik Informatika Polbeng.

"Kita berikan kesempatan seluas-luasnya kepada dosen dan mahasiswa berkreasi, berinovasi untuk masyarakat luas",tuturnya.

Fajri Tim Pembuatan Aplikasi dari P3M Polbeng mengatakan dibutuhkan waktu sekitar 6 bulan dibantu 5 tenaga ahli untuk menyelesaikan Aplikasi verifikasi BKK Program Desa Bermasa tersebut. 

"Penggunaan aplikasi yang kami beri nama Aplikasi "Sidesa" ini sangat mudah di akses secara online berbasis wibesite",rincinya. 

Aplikasi ini terdiri dari 3 user atau pengguna yakni Desa, Kecamatan dan dari Dinas. 

Sejumlah Kepala Desa yang menghadiri launching Aplikasi mengaku sudah siap menjalankan program Dana Bermasa serta menggunakan aplikasi Sidesa Bengkalis Bermasa.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan Mou Polbeng dan Dinas Ketahanan Pangan Bengkalis. Dilanjutkan penyerahan Piagam penghargaan dari Bupati Kasmarni kepada Sujarno warga belajar paket B di usia 73 tahun mengikuti pendidikan kesetaraan PKBM Al Bantani.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar